Optimalisasi Kolaborasi Siswa Kelas IV Materi Indonesiaku Kaya Budaya melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Nia Kurnia Rizki, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komponen, meningkatkan keterampilan kolaborasi, dan respon siswa terhadap implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan pembelajaran dengan implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT), (2) implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat menumbuhkan keterampilan kolaborasi siswa yaitu siklus I = 76,82% siklus II = 85,09%, dan pada siklus III = 89,47%,(3) respon siswa baik terhadap implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat menumbuhkan keterampilan kolaborasi siswa kelas IV SDN 5 Panjer tahun ajaran 2024/2025. 

Keywords

pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT), kolaborasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.