Penerapan Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan Media Konkret dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model REACT dengan media konkret, meningkatkan hasil belajar IPAS, dan mendeskripsikan kendala solusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model REACT dengan media konkret yaitu: (a) relating (mengaitkan); (b) experiencing (mengalami); (c) applying (menerapkan); (d) cooperating (bekerjasama); dan (e) transferring (mentransfer), (2) penerapan model REACT dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPAS yaitu siklus I = 65% siklus II = 80%, dan pada siklus III = 90%,(3) kendala dalam pembelajaran siswa sulit dikondisikan, namun setiap siklus menunjukkan peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model REACT dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SDN 2 Kemangguan tahun ajaran 2024/2025.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.