Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Spinning Wheel untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya pada Siswa Kelas IV SDN Muktisari

Reni Dyah Kaeksi Setianingrum, Suhartono Suhartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah – langkah penerapan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya pada siswa kelas IV SDN Muktisari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini yaitu siswa dan guru kelas IV SDN Muktisari. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan: (1) penerapan model PBL dengan langkah – langkah: (a) orientasi peserta didik pada masalah; (b) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar; (c) membimbing penyelidikan individu dan kelompok; (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; (e) menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah, (2) peningkatan hasil belajar IPAS pada siklus I pertemuan 1 dengan rata – rata siswa tuntas sebesar 62,5%, siklus I pertemuan 2 sebesar 75%, siklus II pertemuan 1 sebesar 75%, siklus II pertemuan 2 sebesar 87,5%, dan siklus III pertemuan 1 sebesar 93,75%.

Keywords

Problem Based Learning; Pembelajaran IPAS; hasil belajar IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.