Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Tentang Daerahku Kebanggaanku pada Siswa Kelas V SDN Muktisari

Zulkarnain Ar, Moh. Salimi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPAS tentang Daerahku Kebanggaanku pada siswa kelas V SDN Muktisari. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama 3 siklus. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat lima langkah penerapan model Problem Based Learning, yakni (1) orientasi siswa pada masalah; (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; (3) membimbing dan mengarahkan siswa untuk melakukan penyelidikan; (4) mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi; (5) analisis dan evaluasi. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 64,29% dengan rata-rata kelas 67,85. Pada siklus I pertemuan 2 persentase siswa tuntas adalah 71,43% dengan rata-rata 70,71. Jumlah siswa tuntas siklus II pertemuan 1 mencapai 85,72% dengan rata-rata hasil belajar 79,28. Siklus II pertemuan 2 mencapai 85,72% dengan rata-rata kelas 82,14. Pada siklus III persentase siswa tuntas adalah 92,86% dengan rata-rata 86,42.

Keywords

Problem Based Learning; hasil belajar; mata Pelajaran IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.