Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science dengan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas VI SD

Hanifah Chairryn Nada, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model CLIS dengan multimedia interaktif, (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (3) meningkatkan hasil belajar, dan (4) mendeskripsikan kendala dan solusi.  Penelitian tindakan kelas kolaboratif dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian guru dan siswa kelas VI SD N 2 Jatisari. Data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan model CLIS dilaksanakan dengan langkah-langkah: (1) orientasi dengan multimedia interaktif, (2) pemunculan gagasan dengan multimedia interaktif, (3) penyusunan ulang gagasan dengan multimedia interaktif, (4) penerapan gagasan, dan (5) pemantapan gagasan dengan multimedia interaktif. Kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran IPAS melalui model CLIS dengan multimedia interaktif pada siklus I = 74,50%, siklus II = 84,25%, siklus III = 87,00%, dan didukung hasil observasi siklus I = 71,66%, siklus II = 83,77%, siklus III = 86,93%. Hasil belajar siklus I = 74,99%, siklus II = 86,36%, dan siklus III = 95,45%. Kendala yang muncul selama pembelajaran yaitu siswa masih sulit mengemukakan gagasan. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa penerapan  model CLIS dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VI SD N 2 Jatisari tahun ajaran 2024/2025.

Keywords

Keywords: CLIS, interactive multimedia, critical thinking skills, IPAS learning outcomes.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.