Penerapan Model Learning Cycle 7E dengan Media Papan Pintar dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah, peningkatan hasil belajar IPAS, dan kendala solusi terhadap penerapan model Learning Cycle 7E dengan media papan pintar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan pembelajaran dengan menerapkan model Learning Cycle 7E dengan media papan pintar, (2) penerapan model Learning Cycle 7E dengan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar IPAS yaitu siklus I = 71,43% siklus II = 85,71%, dan pada siklus III = 95,24%,(3) kendala dalam pembelajaran siswa sulit dikondisikan. Namun, setiap siklus menunjukkan peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Learning Cycle 7E dengan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SDN 2 Karangsari tahun ajaran 2024/2025.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.