Pengaruh Media Puzzle Tumpeng Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi dan Pola Makan Anak Taman Kanak – Kanak

Hermawati Thamrin, Santoso Santoso, Adi Prayitno

Sari

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Pendidikan gizi sangat diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan gizi murid, membentuk sikap positif terhadap makanan bergizi dalam rangka membentuk kebiasaan makan yang baik. Kurang gizi pada anak TK umumnya disebabkan karena rendahnya pengetahuan gizi dan pola makan anak yang tidak teratur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengetahuan gizi dan pola makan anak TK sebelum dan sesudah dilaksanakan metode pendidikan gizi menggunakan media Tumpeng Gizi Seimbang, Untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam pelaksanaan metode pendidikan gizi menggunakan media Puzzle Tumpeng Gizi Seimbang terhadap peningkatan pengetahuan gizi dan pola makananak TK.

Metode: penelitian ini menggunakan metode eksperimen, pendekatan cross sectionaldenganpre –eksperimental design bentuk one group pre –post. Populasi penelitian ini adalah semua murid TK Islam Bakti I Karanganyar tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah sampel 30 anak. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner pengetahuan gizi dan formulir food recall pola makan. Data yang terkumpul dianalisis dengan One Way Anova dan dilanjutkan Regresi Linier.

Hasil: Penelitian pengetahuan gizi anak TK, One Way Anova menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan dari kategori rendah (pvalue = 0.004) menjadi baik
(pvalue = 0.000) dan hasil analisis Regresi menunjukkannilai pvalue = 0.002atau< 0.05.  Hasil penelitian pola makan dengan analisis One Way Anova menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan(pvalue energi, protein dan vitamin C = 0.000) dan hasil analisis Regresi pola makan (energi nilai pvalue = 0.002, protein nilai pvalue = 0.044 dan vitamin C nilai pvalue = 0.010) atau nilai pvalue< 0.05. Sehingga ada pengaruh metode pendidikan gizi menggunakan media Puzzle Tumpeng Gizi Seimbang terhadap pengetahuan gizi dan pola makan anak TK.

Kesimpulan: Pendidikan gizi dilaksanakan secara kontinyu dan berulang – ulang maka pengetahuan gizi dan pola makan (kecukupan zat gizi ; energi, protein, lemak dan vitamin C) anak TK akan semakin meningkat.

 

Kata Kunci : Pendidikan Gizi, Pengetahuan Gizi, Pola Makan , Anak TK

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.