Hubungan Pengetahuan Gizi Ibu dan Pola Pemberian MP – ASI dengan Perkembangan Motorik anak stunting usia 12 – 24 bulan di Kota Kupang

Meirina Sulastri Loaloka, Diffah Hanim, Ari Natalia Probandari

Sari

Latar Belakang : Pengetahuan Gizi ibu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Anak stunting terjadi karena kurang zat gizi dalam jangka lama pada masa janin hingga 2 tahun pertama kehidupan seorang anak. Pola pemberian MP – ASI terlalu dini dapat mengganggu pemberian ASI eksklusif serta meningkatkan angka kesakitan pada bayi. Stunting merupakan keadaan malnutrisi kronik yang berkaitan dengan perkembangan otak anak. Hal ini disebabkan oleh adanya keterlambatan kematangan sel – sel saraf terutama bagian cerebellum yang merupakan pusat koordinasi gerak motorik.

Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah anak stunting usia 12 – 24 bulan. Subjek diambil dengan menggunakan teknik total sampling sebanyak 92 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung, dan pengisian kuesioner pengetahuan gizi, pola pemberian MP – ASI dan perkembangan motorik anak. Data dianalisis dengan uji chi square dan regresi logistik dengan tingkat kepercayaan 95 % ( α = 0,05) dan di olah dengan SPSS 17,0 for windows.

Hasil : Jumlah anak stunting berdasarkan status gizi TB/U sebanyak 67 bertubuh pendek (72, 8 % ) dan sangat pendek berjumlah 25 (27,2 % ) dari total anak yang berjumlah 92. Pengetahuan gizi ibu memiliki hubungan dengan perkembangan motorik anak stunting usia 12 – 24 bulan. Pengetahuan gizi ibu yang kurang memiliki risiko sebesar 342 kali dapat mengalami perkembangan motorik anak yang abnormal menurut test Denver II dibandingkan dengan pengetahuan gizi ibu yang baik. Pola pemberian MP – ASI meliputi jumlah asupan, frekuensi pemberian MP – ASI dan Pemberian MP–ASI tidak memiliki hubungan dengan perkembangan motorik anak stunting usia 12 – 24 bulan.

Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan gizi ibu dengan perkembangan motorik anak stunting usia 12 – 24 bulan.

Kata Kunci : Pengetahuan Gizi Ibu, Pola Pemberian MP – ASI, Perkembangan Motorik anak stunting usia 12 – 24 bulan.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.