Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Tingkat Kepatuhan Minum Tablet Fe Dan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Trimester II Di Kabupaten Wonosobo

Okbrinta Wulandari Prihantina Utami, JB Prasodjo, Endang Sutisna Sulaeman

Sari

Latar belakang: Beberapa faktor yang menyebabkan cakupan ibu hamil mendapat tablet Fe rendah yang paling umum adalah kekurangan zat besi sehingga terjadi penurunan kadar hemoglobin pada ibu hamil. Rendahnya pendidikan gizi menyebabkan rendahnya pengetahuan tentang informasi kesehatan yang membentuk perilaku dapat mempengaruhi ketidakpatuhan dalam mengkonsumsi tablet Fe dan zat gizi yang baik.

Metode: menggunakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian yaitu 66 ibu hamil dengan sampel menggunakan random sampling dengan sampel sebanyak 66 ibu hamil trimester II. Analisis data menggunakan paired sample t-test, independent sample t-test dan chi-square.

Hasil: Tidak terdapat pengaruh pendidikan gizi terhadap karakteristik usia (p=0,107), gravida (p=0,647), pendidikan terakhir ibu hamil (p=0,246) dan pendapatan suami (p=0,291). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pekerjaan ibu hamil (p=0,002).Terdapat pengaruh pendidikan gizi tanpa media power point dan leaflet terhadap tingkat pengetahuan (p=0,004). Sedangkan tidak ada pengaruh pendidikan gizi terhadap tingkat kepatuhan minum tablet fe (0,161) dan kadar hemoglobin (p=0,536). Terdapat pengaruh pendidikan gizi dengan media power point dan leaflet terhadap tingkat pengetahuan (p=0,017), tingkat kepatuhan minum tablet fe (p=0,000) dan kadar hemoglobin (p=0,002). Terdapat perbedaan pendidikan gizi media power point dan leaflet serta tanpa media power point dan leaflet terhadap tingkat pengetahuan (p=0,027), tingkat kepatuhan minum tablet fe (p=0,010), kadar hemoglobin (p=0,000) setelah perlakuan. Terdapat pengaruh tingkat kepatuhan minum tablet fe terhadap kadar hemoglobin (p=0,001).

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan gizi dengan media power point dan leaflet atau tanpa media power point dan leaflet terhadap tingkat kepatuhan minum tablet fe, kadar hemoglobin dan tingkat pengetahuan. Tidak terdapat pengaruh pendidikan gizi terhadap kadar hemoglobin pada kelompok kontrol. Terdapat perbedaan pendidikan gizi dengan media power point dan leaflet serta tanpa media power point dan leaflet terhadap tingkat kepatuhan minum tablet fe, kadar hemoglobin dan tingkat pengetahuan setelah perlakuan.

 

Kata Kunci : Pendidikan gizi, pengetahuan, kepatuhan minum tablet fe, hemoglobin

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.