PENGARUH EKSTRAK KULIT MANGGIS (Garsinia mangostana L), EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DAN KOMBINASINYA TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA TIKUS WISTAR MODEL DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN

Arinto Hadi, Sugiarto Sugiarto, Ruben Dharmawan

Sari

ABSTRAK

 

 

Latar Belakang :  Diabetes Mellitus (DM) merupakan suatu penyakit metabolik multisistem dengan ciri hiperglikemia akibat kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya. Kelainanini  menyebabkan terganggunya  metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Salah satu upaya untuk meningkatkan hormon insulin pada penderita DM menggunakan ekstrak kulit manggis dan ekstrak daun sirsak.  Xanthone  di dalam kulit  manggis dan flavonoiddi dalam daun sirsak adalah antioksidan  yang  melindungi dan menjaga sel β pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ekstrak kulit  manggis (Garcinia mangostanaL.), ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) dan kombinasinya terhadap  kadar glukosa darah tikus Wistar  model diabetes yang diinduksi aloksan.

Metode: Jenis penelitian adalah ekperimental laboratorium dengan rancangan pre-test/post-test dengan kelompok kontrol. Penelitian  dilakukan  di laboratorium  Pangan dan  Gizi , Gedung Pusat Antar Universitas, UGM Yogyakarta, menggunakan 28 tikus Wistar  jantan yang dibagi menjadi empat kelompok: kontrol tanpa diberi ekstrak (DM); diberi ekstrak kulit manggis (DM+km); diberi ekstrak daun sirsak (DM+ds); diberi kombinasi ekstrak kulit manggis dan daun sirsak (DM+kom). Kadar glukosa darah puasa (GDP) dianalisis tiap minggu  selama 4 minggu. Analisis statistik dilakukan dengan uji - t dan uji-anova, bermakna bila p < 0,05.

Hasil:  Ekstrak kulit manggis dosis 100 mg/kg BB  menurunkan kadar glukosa darah puasa tikus Wistar  sebesar 48,93 % (p=0,001) ; Ekstrak daun sirsak dosis 5000 mg/kg BB menurunkan kadarGDP tikusWistar  sebesar 39,50 %(p=0,001) ; Kombinasi ekstrak kulit manggis dan daun sirsak  menurunkan kadar GDP tikus Wistar sebesar 52,08 %  (p=0,001).

Kesimpulan: ekstrak kulit manggis, ekstrak daun sirsak dan kombinasinya dapat menurunkan kadar GDP  tikus Wistar.

 

Kata kunci : Diabetes Mellitus, ekstrak kulit manggis, ekstrak daun sirsak, kombinasi ekstrak kulit manggis dan daun sirsak.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.