Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Aktivitas Fisik, Asupan Energi dan Indeks Massa Tubuh Pada Mahasiswa dengan Kelebihan Berat Badan

Dwi Ayu Lestari, Bhisma Murti, Kusnandar Kusnandar

Sari

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi secara penyuluhan dan leaflet terhadap aktivitas fisik, asupan energi dan Indeks Massa Tubuh (IMT) pada mahasiswa dengan kelebihan berat badan.

Metode: penelitian ini adalah  eksperimen dengan Randomized Controlled Trial (RCT). Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA dengan kelebihan berat badan, jumlah sampel 50 orang. Pembagian kelompok intervensi dengan cara random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner antropometri, aktivitas fisik, food recall.Analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dan regresi linier berganda.

Hasil: Terdapat pengaruh signifikan antara pendidikan gizi terhadap aktivitas fisik (b=0,07;CI 95%; antara 0,01 hingga 0,13; p=0,027). Ada pengaruh antara pendidikan gizi terhadap asupan energi (b=-1,47; CI 95% antara -1,56 hingga 4,51; p=0,334), asupan lemak (b=-2,79;CI 95% antara -3,92 hingga 9,50; p=0,190) dan indeks massa tubuh (b=0,88; CI 95% antara -2,90 hingga 1,14; p=0,125), tetapi pengaruhnya secara statistik tidak signifikan pada mahasiswa dengan kelebihan berat badan.Tidak ada perbedaan peningkatan aktivitas fisik yang bermakna (p=0.078) sesudah pendidikan gizi antara kelompok penyuluhan dan kelompok leaflet. Tidak ada perbedaan penurunan asupan energi (p=0.164) sesudah pendidikan gizi antara kelompok penyuluhan dan kelompok leaflet. Tidak ada perbedaan penurunan asupan lemak yang bermakna (p=0.238) sesudah pendidikan gizi antara kelompok penyuluhan dan kelompok leaflet. Tidak ada perbedaan penurunan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang bermakna (p=0.561) sesudah pendidikan gizi antara kelompok penyuluhan dan kelompok leaflet.

Kesimpulan : Pendidikan gizi secara penyuluhan dan leaflet efektif terhadap peningkatan aktivitas fisik, tetapi pendidikan Gizi belum efektif terhadap penurunan asupan energi dan penurunan indeks massa tubuh pada mahasiswa dengan kelebihan berat badan.

 

Kata Kunci : Kelebihan Berat Badan, Aktivitas Fisik, Asupan Energi, IMT, Pendidikan Gizi.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.