Pengaruh Pemberian Beras Aking terhadap Profil Lipid Tikus Diabetes yang Diinduksi Aloksan

Aviria Ermamilia, Ruben Dharmawan, Sugiarto sugiarto

Sari

Latar Belakang: Diabetes melitus (DM) adalah kelompok kelainan metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia. Kelainan metabolisme lemak merupakan salah satu yang sering muncul pada penderita diabetes melitus. Beras yang mengalami beberapa proses pengolahan menjadi beras aking dapat meningkatkan kandungan pati resisten yang dapat memberikan pengaruh positif pada profil lipid. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian beras aking terhadap profil lipid tikus diabetes yang diinduksi aloksan

Metode: Penelitian menggunakan tikus wistar Sprague-Dawley (Rattus norvegicus) jantan sebanyak 28 ekor yang dibagi menjadi kelompok kontrol negatif (non DM), kontrol positif (DM dengan pakan standar), perlakuan 1 (substitusi 50% beras aking) dan perlakuan 2 (substitusi 100% beras aking). Beras aking diproses dengan satu kali siklus pemanasan-pendinginan-pengeringan dan didapatkan kadar pati resisten 12,23%(bk).  Tikus diambil darah sebelum perlakuan dan 4 minggu setelah perlakuan untuk analisis profil lipid (Trigliserida, Kolesterol total, LDL, HDL).

Hasil: Trigliserida serum menurun 12.70±1.65 mg/dl pada kelompok perlakuan 1 dan 28.31±2.19 mg/dl pada kelompok perlakuan 2 (p < 0.05). Kolesterol total serum menurun 29.21±2.89 mg/dl pada kelompok perlakuan 1 dan 53.49±2.20 mg/dl pada kelompok perlakuan 2 (p < 0.05). Kolesterol LDL menurun 4.22±1.70 mg/dl pada kelompok perlakuan 2 (p < 0.05). Kolesterol HDL menurun pada kelompok tikus DM (p < 0.05), namun rerata HDL pre test pada kelompok perlakuan lebih tinggi dibandingkan kontrol positif dan semakin meningkat dengan peningkatan dosis aking.

Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh pemberian beras aking terhadap penurunan kadar trigliserida, penurunan kadar kolesterol total, penurunan kadar kolesterol LDL, dan peningkatan kadar kolesterol HDL plasma.

 

Keywords : Beras aking, pati resisten, asam lemak rantai pendek, tikus diabetes, profil lipid

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.