Identifikasi Pemetaan Spasial Matriks Asal Tujuan terhadap Sebaran Covid-19 di Kota Surakarta

Almira Nur Aryani Putri, Nur Miladan, Galing Yudana

Abstract

Bencana pada umumnya menimbulkan dampak korban jiwa, dampak psikologis, dan kerugian lainnya. Peristiwa yang telah terjadi di hampir seluruh bagian dunia beberapa tahun lalu adalah pandemi Covid-19. Pada konteks Indonesia, berdasarkan data statistik Pemerintah Jawa Tengah, terdapat tiga kabupaten/kota yang dinyatakan sebagai daerah dengan penyebaran Covid-19 tertinggi pada tahun 2021, salah satunya adalah Kota Surakarta dengan 36.369 kasus. Berbagai pembatasan sosial bagi masyarakat memberikan pengaruh bagi pergerakan perjalanan penduduk yang terjadi selama ini. Pola perjalanan pada dasarnya terbentuk dari masing-masing wilayah yang memiliki aneka ragam bentuk kegiatan yang ada di tiap zona tersebut dan pada akhirnya akan membentuk suatu matriks asal tujuan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh matriks asal tujuan terhadap sebaran Covid-19 di Kota Surakarta. Penelitian dilakukan menggunakan teknik analisis pemetaan spasial dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) menggunakan Kernel Density. Hasil pada pemetaan matriks menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat melakukan perjalanan pada daerah dengan sebaran kasus tinggi, yaitu pergerakan secara internal pada kawasan Kota Surakarta dan berfokus pada tengah kawasan. Hasil penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa diperlukan adanya peningkatan peran dan pemahaman antar pemangku kepentingan agar terdapat sinergi antara berbagai pihak terkait dalam menangani kejadian luar biasa, baik dalam kasus pandemi Covid-19 maupun bencana lainnya.

Keywords

Covid-19; Kota Surakarta; Matriks Asal Tujuan

Full Text:

PDF

References

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2021). Jawa Tengah Tanggap COVID-19. Diakses dari: https://corona.jatengprov.go.id/

Dinas Perhubungan Kota Surakarta. (2021). Tataran Transportasi Lokal Kota Surakarta. Surakarta.

Ghiffari, R. A. (2020). Dampak Populasi dan Mobilitas Perkotaan terhadap Penyebaran Pandemi COVID-19 di Jakarta. Tunas Geografi, 9(1), 81. https://doi.org/10.24114/tgeo.v9i1.18622

Jaya, I. (2021). Penguatan Sistem Kesehatan dalam Pengendalian COVID-19. Diakses dari: https://p2p.kemkes.go.id/penguatan-sistem-kesehatan-dalam-pengendalian-covid-19/

Khisty, C. J., & Lall, B. K. (2005). Transportation Engineering an Introduction 3rd Edition. London: Pearson Education.

Luthfiyah, T. S., & Miro, F. (2020). Pengaruh COVID-19 terhadap Transportasi di Daerah Jabodetabek. Jurnal Mahasiswa, 1–6. Diakses dari: https://pustaka.bunghatta.ac.id/index.php/profile/224-pengaruh-covid-19-terhadap-transportasi-di-daerah-jabodetabek

Mediawaty, A. (2021). Analisis Persepsi Penghuni Gated Community di Era Pandemi. Universitas Pembangunan Jaya. Diakses dari: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/1242

Nugroho, L. E., & Rakhman, A. Z. (2021). Mobilitas Manusia dan Tingkat Penyebaran COVID-19: Sebuah Analisis Kuantitatif. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 10(2), 124–130. https://doi.org/10.22146/jnteti.v10i2.1519

Rapoport, A. (1977). Human Aspects of Urban Form Towards a Man–Environment Approach to Urban Form and Design. Amsterdam: Elsevier. Diakses dari: https://www.sciencedirect.com/book/9780080179742/human-aspects-of-urban-form

Riyani, D. D. S., Singgih, M. N. A., Wahidah, Z., & Widodo, E. (2021). Analisis Pengaruh Mobilitas Penduduk terhadap Kasus COVID-19 Selama Masa Pandemi di Indonesia Menggunakan Regresi Linier Berganda. Jurnal Teknologi, 14(2), 106–113. https://doi.org/10.34151/jurtek.v14i2.3636

Romdiati, H., & Noveria, M. (2021). Tren COVID-19 dan Pembatasan Mobilitas Penduduk. Jurnal Kependudukan Indonesia, 16(2), 187–199. https://doi.org/10.14203/jki.v16i2.706

Tamin, O. Z. (1997). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (2nd ed.). Bandung: Institut Tekonologi Bandung.

World Health Organization. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Situational Report-73. Swiss. https://doi.org/10.1056/NEJMoa2001316.4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.