Editorial Policies

Focus and Scope

Desa-Kota (E-ISSN sedang dalam proses), adalah jurnal perencanaan wilayah, kota, dan permukiman, yang tujuan utamanya adalah untuk memperdalam pemahaman tentang kondisi perkotaan, perdesaan, dan kewilayahan, serta perubahan dan dinamika yang terjadi di area tersebut, baik dari perspektif empiris, teoretis, maupun kebijakan. Desa-Kota meliputi topik-topik seperti:

  • Interaksi antara dan tata kelola lingkungan alam, komunitas, budaya, yang sesuai dengan karakter lingkungan binaan
  • Penyediaan layanan sarana dan prasarana, serta proses perumusan kebijakan dan implementasinya.
  • Kemampuan adaptasi suatu kota, wilayah, atau kawasan terhadap resiko bencana.
  • Pengembangan perumahan permukiman yang berkelanjutan pada level kawasan, kota, dan wilayah
  • Dimensi sosial, ekonomi, politis, dan institusional dari perubahan-perubahan yang terjadi dalam skala kawasan, kota, dan wilayah

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Seluruh artikel yang masuk ke jurnal Desa-Kota akan melalui proses review editorial (kesesuaian dengan template Desa-Kota) dan review secara substansi. Setiap artikel akan melalui proses peer review. Reviewer dipilih oleh editor in chief. Keputusan penerimaan atau penolakan artikel ditentukan oleh dewan editor berdasarkan pertimbangan hasil review.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

Jurnal Desa-Kota adalah peer-reviewed jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Negeri Sebelas Maret.

Pernyataan-pernyataan dalam Etika Publikasi ini ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan manuskrip di jurnal ini, termasuk penulis, editor, mitra bestari, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Best Practice dari COPE untuk Editor Jurnal.

 

KEPUTUSAN PUBLIKASI

Editor Jurnal Desa-Kota bertanggung jawab untuk menentukan manuskrip mana yang dipublikasikan. Validasi manuskrip terkait dan kepentingannya bagi peneliti dan pembaca harus menjadi pertimbangan utama bagi pengambilan keputusan. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum seperti jika terjadi dengan fitnah, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berdiskusi dengan editor atau reviewer lain (atau petugas publik) dalam membuat keputusan ini. 

Proses yang adil

Seorang editor mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektualnya tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik para penulis.

Kerahasiaan

Editor dan setiap staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apapun tentang manuskrip yang dikirimkan kepada orang lain selain penulis, reviewer,   potensial reviewer, penasihat editorial, dan penerbit.

Publikasi material dan konflik kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam manuskrip tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.


TUGAS REVIEWER

Berkontribusi pada keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis,  dapat membantu penulis dalam memperbaiki manuskripnya.

Kesesuaian

Setiap reviewert terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk memberikan penilaian terhadap manuskrip harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses review.

 Kerahasiaan

Setiap manuskrip yang diterima untuk diperiksa harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali yang diberi wewenang oleh editor.

 Standar Objektivitas

Ulasan/review harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi penulis harus dihindari. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya publikasi yang relevan yang belum pernah dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang berdasarkan pada pengamatan, derivasi, atau argumen telah yang telah diungkapkan oleh penelitian sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang sesuai. Seorang reviewer juga harus menginformasikan pada editor jika ada kesamaan yang substansial antara manuskrip yang sedang dipertimbangkan dengan makalah publikasi lainnya yang reviewer pernah ketahui.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mereview manuskrip yang mereka memiliki konflik kepentingan akibat hubungan tertentu seperti hubungan kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan manuskrip.

  

TUGAS PENULIS

Standar manuskrip

Penulis manuskrip harus menyajikan laporan yang akurat tentang peneilitiannya, serta diskusi yang obyektif mengenai signifikansi penelitiannya. Data yang mendasari penelitian harus direpresentasikan secara akurat dalam manuskrip. Manuskrip harus berisi detail dan rujukan yang cukup yang memungkinkan orang lain melakukan replikasi dari penelitiannya. Pernyataan palsu atau pernyataan yang sengaja dibuat tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses Data dan Retensi

Penulis dapat diminta memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap memberikan akses publik terhadap data tersebut (sesuai dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Database). Penulis harus dapat menyimpan data tersebut dalam waktu tertentu setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang seluruhnya asli, dan jika penulis telah mengacu pada karya dan / atau kata-kata orang lain sebagai sumber referensi, maka sumber referensi ini telah dikutip dengan tepat, dan menyebutkan sumber secara benar 

Publikasi ganda, berulang, dan bersamaan

Penulis seharusnya tidak secara umum menerbitkan manuskrip yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Penulis harus selalu memberikan pengakuan secara benar atas karya orang lain. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh pada manuskripnya.

 Authorship

Authorship harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Bila ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis koresponden harus memastikan bahwa semua rekan penulis adalah sesuai dengan kontribusinya, dan tidak ada rekan penulis yang tidak tepat disertakan dalam manuskrip, dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi terakhir dari makalah tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan

Jika pekerjaan itu melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang terkait dalam penggunaannya, penulis harus secara jelas mengidentifikasi ini dalam manuskrip.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan finansial atau konflik kepentingan lainnya yang dapat mempengaruhi hasil atau interpretasi terhadap manuskrip mereka. Semua sumber dukungan finansial untuk proses pembuatan manuskrip tersebut harus diungkapkan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya terbitannya sendiri, maka kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki manuskrip tersebut.