FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP RUSUNAWA BRUJUL

Suci Kusumaningsih, Winny Astuti, Erma Fitria Rini

Abstract

Pembangunan daerah saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah daerah di Indonesia. Salah satu dampak dari pembangunan daerah adalah timbulnya urbanisasi. Urbanisasi tidak selamanya membawa dampak baik. Salah satu dampak buruk dari urbanisasi adalah munculnya rumah tidak layak huni. Salah satu program yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar adalah dengan membangun rumah susun sederhana sewa sebagai alternatif hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rusunawa yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar adalah Rusunawa Brujul yang terletak di Kecamatan Jaten. Akan tetapi dalam realisasinya, Rusunawa Brujul tidak diminati oleh masyarakat. Dari 192 unit yang disediakan, terdapat 90 unit yang tidak berpenghuni. Beberapa faktor yang menyebabkan kurang diminatinya rusun adalah tingkat kenyamanan yang rendah, kualitas bangunan yang hampir sama dengan rumah kumuh serta harga yang sulit dijangkau. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi rendahnya preferensi masyarakat terhadap Rusunawa Brujul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor dominan yang mempengaruhi rendahnya preferensi masyarakat terhadap Rusunawa Brujul. Ketiga faktor tersebut adalah (1) faktor keadaan rusun (71,89%), (2) faktor keterjangkauan terhadap fasilitas (5,49%), dan (3) faktor sosial ekonomi (4,78%). Berdasarkan penelitian ini disarankan agar Pemerintah Kabupaten Karanganyar lebih berperan aktif dalam pemeliharaan kualitas dari rusun supaya minat masyarakat terhadap Rusunawa Brujul meningkat.

Keywords

Faktor-Faktor Penyebab; Rumah Susun Sederhana Sewa

Full Text:

PDF

References

Buku

Nugroho, M.D.A. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Kurang Diminatinya Rumah Susun Sederhana Sewa Tanah Merah I dan Tanah Merah II Kelurahan Tanah Kalikedinding Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya (Menurut Persepsi Masyarakat Kelurahan Tanah Kalikedinding). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Harianto, Y.H. (2006). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perceived Quality dan Dampaknya Terhadap Brand Equity (Kajian Pada Produk Elektronik Merk Sony di Kota Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Nasution, R.A. (2004). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penghuni Baru Untuk Memilih Tinggal di Rumah Susun Klender Jakarta Timur. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sasmito, A.A. (2014). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Warga Kampung Juminahan untuk Menghuni Rumah Susun Graha Bina Harapan Tegalpanggung Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Dokumen Pemerintah yang Tersedia Online

Badan Pusat Statistik. Kecamatan Jaten dalam Angka Tahun 2016

Buku Referensi Lainnya

Junaidi. (2010), “Tabel R (Koefisien Korelasi Sederhana) df = 1-200” http://junaidichaniago.wordpress.com (diakses 30 Mei 2017)

Surat Kabar

Aditya, I. (2016), “Rusunawa Brujul Tampung Warga Eksodus Nglano.” http://krjogja.com/web/news/read/4717/Rusunawa_Brujul_Tampung_Warga_Eksodus_Nglano (diakses 15 Oktober 2016)

Sinombor, S.H. (2008). “Dibangun 1.000 Rumah dan Rusunawa Untuk Pekerja di Karanganyar.” http://megapolitan.kompas.com/read/2008/04/02/17013846/dibangun.1.000.rumah.dan.rusunawa.untuk.pekerja.di.karanganyar. (diakses 12 Mei 2017)

Widiyanto, D. (2016), “Rusunawa Brujul Tak Diminati, Pemkab Bingung.” http://krjogja.com/web/news/read/7494/Rusunawa_Brujul_Tak_Diminati_Pemkab_Bingung (diakses 15 Oktober 2016).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.