BARONGAN BLORA STORY "GEGERING ALAS JATI WENGKER" AND ITS RELEVANCE TO CHARACTER EDUCATION

Egita Widya Astuti

Abstract

Character education needs to be taught to children from an early age and needs to be improved. Character education can be taught through culture, one of the cultures that contains character education values is Barongan art. Barongan has ethical values that can be studied more deeply. This research uses a descriptive qualitative method with a literary sociology approach. The result of this research is that Barongan art contains character education such as religion, honesty, tolerance, peace-loving, friendship, discipline, hard work, creativity, independence, democracy, curiosity, and love for the country.

Keywords

Barongan, Character Education, Culture

Full Text:

PDF

References

REFERENCES

Al Hamid, I. (2019). Eksistensi Kebudayaan Jawa dalam Penafsiran KH. Bisri Mustafa. Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith, 9(1), 1-23.

Amalia, S., Rofifah, U., & Zuhri, A. F. (2020). Menampilkan Sikap Cinta Tanah Air pada Era 4.0. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 68-75. https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.109

Annisa, F. 2019. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69-74.

Ansori, Y. Z. (2022). Strategi pendidik dalam menumbuhkan karakter jujur pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1), 261-270.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1). DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Budiyanto, A. E. (2022). Pendidikan Karakter dalam Makna Simbolik Topeng Lengger Wonosobo. Journal of Social Sustainability Management, 2(2), 11-24.

Djaya, T. R. 2020. Ritualisasi Kesenian Barong dalam Estetika Budaya: Studi Eksploratif Komunikasi Intra Personal Masyarakat Kota Beribadat. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 6(1), 23-40.

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral Melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14 (1), 1-9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Fadilah, I., & Kartini, S. T. (2019). Identifikasi Sikap Rasa Ingin Tahu Siswa terhadap Pembelajaran Fisika di MAN 1 Batanghari. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 217-231

Febriana, L. & Qurniati, A. (2021). Pendidikan Agama Islam Berbasis Religiusitas. EL-TA'DIB (Journal of Islamic Education), 1 (1), 733-746.

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119-130. Doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174

Hjerm, M., Eger, M. A., Bohman, A., & Fors Connolly, F. (2020). A New Approach to the Study of Tolerance: Conceptualizing and Measuring Acceptance, Respect, and Appreciation of Difference. Social Indicators Research, 147(3), 897–919. https://doi.org/10.1007/s11205-019-02176-y

Husna, D. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Religius Bagi Anak Tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Jurnal Tarbiyatuna, 11 (1),1-10.

Ibda, H. (2019). Strategi Grup Barong Sardulo Krida Mustika dalam Melestarikan Seni Barongan Blora. Handep: Jurnal Sejarah dan Budaya, 2 (2), 161-186. DOI: https://doi.org/10.33652/handep.v2i2.35

Indrawan, Y. I. N. 2021. Penguatan Karakter Kreatif dan Mandiri dalam Kesenian Barongan (Studi Kasus pada Anak Anak di Sanggar Ridwan Cinta Seni Desa Todanan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Tahun 2019). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84.

Jannah, F., Fadly, W., & Aristiawan, A. (2021). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Tema Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 1-16.

Jazuli, M., Slamet, M. D., & Paranti, L. (2020). Bentuk dan Gaya Kesenian Barongan Blora. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 15(1), 12-19.

Jiwandono, I.S. (2020). Permainan Tradisional sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Jujur Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (1), 11-19. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2137

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. Doi: https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Khasanah, U., Yuwono, P. H., & Irianto, S. (2020). Peran Ekstrakurikuler Kenthongan dalam Menumbuhkan Cinta Tanah Air pada Siswa MI Ma’arif NU Teluk. Jurnal Education and Development, 8(3), 21-21. https://doi.org/10.37081/ed.v8i3.1789

Kholilah, K., Ramadhanti, A., Fitriani, R., Febri, E., & Pratiwi, M. R. (2020). Hubungan Kerja Keras dan Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 1 Kota Jambi. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 4(1), 41-48. Doi: https://doi.org/10.33751/jsep.v4i1.2829

Khotimah, S., & Utami, R. D. (2022). Analisis Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling dalam Menanamkan Karakter Jujur dan Mandiri Peserta Didik pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6 (3). DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2998

Lase, F., & Halawa, N. (2022). Mendidik Peserta Didik Dengan Nilai Nilai Karakter Cerdas Jujur. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1 (1), 190–206. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.28

Mahardin, Fauzan, A., Muliadi, & Rahmah, N. (2022). Pembentukan Karakter Demokratis melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 107-112.

Mardawani, M., Juri, J., & Anjenie, S. (2023). Implementasi Nilai Sila Ketiga Pancasila dalam Mengembangkan Karakter Kebangsaan pada Tarian Zapin Melayu di Desa Madang Permai Kecamatan Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8 (1), 14-24. DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v8i1.2360

Na'imah, I., & Bawani, I. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis di Pondok Pesantren. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228-236.

Naimah, I., & Bawani, I. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis di Pondok Pesantren. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228-236.

Nastiti, D. (2023). Peran Organisasi Mahasiswa dalam Pembentukan Sikap Demokratis. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 64-76.

Nova, D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu: Community Education Journal, 2(2). DOI: https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

Nurgiansyah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7310-7316. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481

Pitaloka, D.L.,Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2), 1696-1705.

Pramesti, A., & Rigianti, H.A. (2022). Pentingnya Upaya Menerapkan Pendidikan Karakter Cinta Damai pada Siswa Sekolah Dasar. Warta Pendidikan, 6(12), 57–58. https://doi.org/10.0503/wp.v6i12.183

Pranata, Y. Y., & Barus, G. (2019). Peningkatan Karakter Bersahabat Melalui Layanan Bimbingan Kelasikal dengan Pendekatan Experiential Learnin. Solution: Journal of Counselling and Personal Development, 1(1), 1-14.

Priasti, S. N., & Suyatno, S. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395-407.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 183-193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6 (3), 3729 – 3735 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733

Sari, E., Misnawati, M., Linarto, L., Poerwadi, P., & Ramadhan, I. Y. (2023). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel si Anak Savana Karya Tere Liye dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, pp. 83-107. Palang Karaya: Universitas Palang Karaya

Sholehah, N. A., Pasani, C. F., & Suryaningsih, Y. (2021). Penerapan Model Course Review Horay dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Kerja Keras dan Komunikatif Siswa SMP. JURMADIKTA, 1(1), 7-18. Doi: https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i1.725

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24 (2), 232-238. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sulastri, S., & Simarmata, M. Y. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 4(1), 43-50. Doi: https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24336

Sundari, R. S., Rohidi, T. R., Sayuti, S. A., Hartono. 2020. Barongan As Media For The Conservation of Ethical Value in Education. International Journal of Scientific & Technology Research, 9 (1), 110-113.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173.

Thoyyibah, D., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara di Era New Normal. JPDK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 516-522. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4347

Ulya, K., & Hayati, Z. (2020). Perkembangan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa melalui Pengintegrasian Nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 171-187.

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777-1786. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Utina, U. T. 2020. Struktur Pertunjukan Barongan pada Ritual Sedekah Bumi di Desa Ledok Kabupaten Blora. Jurnal Pelataran Seni, 5(1), 29-45.

Vitriasari, L., Wahyudin, D., & Wandani, R. W. (2023). Penerapan Visi Sekolah MANTAP (Mandiri, Akhak Mulia, Nasionalis, Tangguh, Peduli) sebagai Upaya Mewujudkan Murid Berprofil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(2), 760-769.

Wardani, D. L., Pusari, R. W., & Wakhyudin, H. 2019. Ekstrakurikuler Taekwondo dalam Mengembangkan Karakter Kerja Keras. Journal of Education Technology, 3(3), 167-171.

Widiastuti, E. H. (2019). Makna Seni Budaya Barongan Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Seminar Nasional Sejarah Ke-4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, pp. 108-117. Padang: Universitas Negeri Padang.

Wijayanti, T., Nugraha, S. M. O., Martanti, F., & Sholeh, M. 2021. IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Pada Kebudayaan Jawa). Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 6(2), 132-138.

Yasiro, L. R., Wulandari, F. E., & Fahmi, F. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pemanasan Global berdasarkan Prestasi Siswa. Journal of Banua Science Education, 1(2), 69-72. Doi: https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.