Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bangunan Berbasis E-Module di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

Ayu Putri Kenyo, M Agphin Ramadhan, R Eka Murtinugraha

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah fisika dasar berbasis e-module pada materi fisika bangunan yang dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi dan membantu meningkatkan persentase hasil belajar mahasiswa yang baik pada mata kuliah fisika dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian riset dan pengembangan (R&D) dan model penelitiannya adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berguna dalam pengumpulan data analisa kebutuhan, pengujian kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media, serta penilaian pengguna produk oleh mahasiswa. Hasil dari penelitian ini merupakan bahan ajar mata kuliah fisika dasar berbasis e-module yang berfokus pada materi fisika bangunan yang terdiri dari 4 bab materi pokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi produk oleh ahli materi mendapatkan persentase rata-rata sebesar 86% (sangat layak). (2) hasil validasi produk oleh ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 99% (sangat layak). (3) peningkatan nilai rata-rata mahasiswa pada hasil uji coba terbatas dengan persentase sebesar 21%. (4) hasil rata-rata skor sebesar 4,16 (dari skala 5) yang termasuk ke dalam kategori baik pada penilaian produk oleh mahasiswa. 

Abstract:This study aims to develop teaching materials for introductory physics courses based on an e-module on building physics materials. It can help educators deliver material and increase the percentage of good student learning outcomes in introductory physics courses in the Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta. This research was carried out using the research and development (R&D) method, and the research model was the 4D model, which consisted of 4 research stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. This study uses instruments that are useful in collecting needs analysis data, testing product feasibility by material and media experts, and evaluating product users by students. The results of this study are teaching materials for introductory physics courses based on e-module, which focus on building physics material that consists of 4 subject matter chapters. The study results show that: (1) the results of product validation by material experts get an average percentage of 86% (very feasible). (2) The product validation results by media experts get an average percentage of 99% (very feasible). (3) an increase in the average value of students in the results of limited trials with a percentage of 21%. (4) the average score of 4.16 (on a scale of 5) is included in the excellent category in product evaluation by students.


Keywords


Keywords: ajar; bangunan; elektronik; fisika; modul Keywords:building; electronic; modules; physics; teaching

Full Text:

PDF
rticle

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda

Elvarita, dkk. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1):1–7.

Hienonen, dkk. (2017). The Importance of Building Physics in Improving Quality Control of Public Buildings – The Role of Public Authority Control. Energy Procedia 132:99–104.

Perdana, dkk. (2017). Development of E-Module Combining Science Process Skills and Dynamics Motion Material to Increasing Critical Thinking Skills and Improve Student Learning Motivation Senior High School.” International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1):45.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qomariah, dkk. (2016). Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Siswa: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 4(1):33–47.

Ramadhan, dkk. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika Dasar Untuk Mahasiswa Calon Guru SMK Teknik Konstruksi Dan Properti.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(2).

Sari, P.A., dan Setiawan, A. (2018). The Development of Internet-Based Economic Learning Media Using Moodle Approach. International Journal of Active Learning, 3(2):100–109.

Serevina, dkk. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology , 17(3):26–36.

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2):127–39.




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v8i2.70881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.