Tren Pengembangan Video Pembelajaran di SMK (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Vokasional Teknik Bangunan)

Eva Ariesita Amanda, Muhammad Agphin Ramadhan, Rosmawita Saleh

Abstract


Abstrak: Video merupakan media pembelajaran yang sudah lama diyakini menjadi media yang baik dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi tren pengembangan video pembelajaran di SMK secara umum; 2) Mengidentifikasi tren pengembangan video pembelajaran di Lembaga Pendidikan Vokasional, khususnya di SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti (TKP) dan di LPTK Pendidikan Teknik Bangunan (PTB). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Data yang dikumpulkan berupa artikel-artikel tentang video pembelajaran di SMK dan PTB, yang dipublikasikan pada tahun 2014-2022. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) Bidang keahlian yang mengembangkan video pembelajaran di SMK secara umum adalah Teknologi dan Rekayasa, Pariwisata, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi; 2) Mata pelajaran yang dikembangkan menjadi video pembelajaran di SMK secara umum merupakan mata pelajaran yang termasuk ke dalam Kurikulum Peminatan Kejuruan, sedangkan mata pelajaran yang mengembangkan video pada Pendidikan Vokasional Teknik Bangunan adalah Konstruksi; 3) Karakter video yang dikembangkan di SMK secara umum maupun SMK TKP adalah video live action; 4) Software yang digunakan dalam pengembangan video di SMK secara umum adalah videoscribe, Camtasia studio, powtoon, dan adobe after effect. Sedangkan software yang digunakan di SMK TKP serta PTB adalah software autoCAD (rekam layar).

Abstract:Video is one of learning media that have been developed and researched for a long time. This study aims to 1) Identify the trends of learning video development in Vocational High School in general; 2) Identify the trends of learning video development in Construction and Property Technology Program in Vocational High School and the Building Engineering Education, Institute of Teacher’s Education.This research used the Systematic Literature Review method. The data were journals about learning video in Vocational High School and Universities, which were published in 2014-2022. The result are: 1) Learning video is developed in Vocational High Schools in major Technology and Engineering, Tourism and Information and Communication Technology; 2) The subjects that developed into learning videos in Vocational High Schools in general are the subjects that included in Vocational Specialization Curriculum, while the subjects that develop videos in Building Engineering Education are Building Construction; 3) Live action videos are the video character that developed in Vocational High School in general as well as in building-engineering; 4) The video software used in Vocational High Schools in general are videoscribe, Camtasia studio, and adobe after effects, while the software used in Construction and Property Technology Vocational Schools and Building Engineering Education is autoCAD (screen recording) software.



Keywords


bangunan; pembelajaran; pendidikan; pengembangan; vokasional

Full Text:

PDF
rticle

References


Anggraini C. (2019). Pengaruh Media Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Menentukan Keliling dan Luas Bangun Datar di SDN 14 Indralaya. Skripsi. Indralaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya.

Atsani, KH (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam. 1: 82-93.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pekerjaan. 3:24-29.

Jayusman, I., Shavab, O. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak. 1: 13-20.

Nasikhah, A., Yuliani, M., Khikmah, N., Safitri, W. 2021. Analisis Kebutuhan Terhadap Video Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan; Pekalongan, 28 Juli 2021. Universitas Pekalongan. Hlm. 121-126.

Prasetyowati, D., Indiati I., Nayla, A., (2021). Analisis Keterlaksanaan Perencanaan dan Proses Kegiatan Pembelajaran Praktik di SMK Selama Pandemi Covid 19. Jurnal RIPTEK. 15:69-74.

Qonitah, Z., Supaini, T., Jubaedah, L. (2019). Pengembangan Video Tutorial dalam Materi Rias Fantasi di Program Studi Tata Rias. Jurnal Tata Rias. 10: 1-12.

Triandini, F., Jayanatha, S., Indrawan, A., Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Indormasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS). 63-77.




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v8i1.68038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.