Analisis Pengaruh Intrusi Air Laut terhadap Keberadaan Air Tanah di Desa Nusapati, Kabupaten Mempawah Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas

Muhardi Muhardi, Faurizal Faurizal, Widodo Widodo

Abstract

Desa Nusapati merupakan daerah pesisir di Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh intrusi air laut terhadap keberadaan air tanah di Desa Nusapati. Metode yang digunakan adalah metode geolistrik resistivitas dengan konfigurasi Wenner-Schlumberger. Penelitian ini mengaplikasikan dua lintasan, yaitu pertama berarah Barat Daya-Timur Laut dan kedua berarah Tenggara-Barat Laut, dengan panjang lintasan masing-masing 260 meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lapisan akuifer dangkal pada lintasan pertama mempunyai nilai resistivitas 0,15 Ωm hingga 1,30 Ωm berada pada kedalaman 4 meter hingga 30 meter. Sedangkan pada lintasan kedua mempunyai nilai resistivitas 0,19 Ωm hingga 1,88 Ωm berada pada kedalaman 2 meter hingga 26,4 meter. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa litologi lapisan akuifer di daerah penelitian diinterpretasi berupa pasir, pasir lempungan, dan pasir kerikil. Lapisan ini mengandung air tanah yang telah terdampak oleh intrusi air laut. Pengaruh intrusi ini menyebabkan keberadaan air tanah mempunyai salinitas dengan porsentase yang relatif rendah sehingga air tanah pada lokasi penelitian terasa payau.

Keywords

air tanah; desa nusapati; geolistrik resistivitas; intrusi air laut

Full Text:

PDF

References

Herdyansah A. dan Rahmawati D. 2017. Dampak Intrusi Air Laut pada Kawasan Pesisir Surabaya Timur. Jurnal Teknik ITS, Vol. 6, No. 2, Hal. 599–603.

Darsono. 2016. Identifikasi Akuifer Dangkal dan Akuifer Dalam dengan Metode Geolistrik (Kasus : di Kecamatan Masaran). Indonesian Journal of Applied Physics, Vol. 1, No. 1, Hal. 40–49.

Pieter P.E. dan Supriatna S. 1990. Peta Geologi Kalimantan Barat. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Indriastoni R.N. dan Kustini I. 2014. Intrusi Air Laut terhadap Kualitas Air Tanah Dangkal di Kota Surabaya. Rekayasa Teknik Sipil, Vol. 3, No. 3, Hal. 228–232.

Heath B.R.C. 1982. Basic Ground-Water Hydrology. Fourth Edition. North Carolina: USGS.

Cooper H.C., Kohout F.A., Henry H.R., dan Glover R.E. 1964. Sea Water in Coastal Aquifers. Geological Survey Water. Washington.

Santoso B. 2016. Penerapan Metode Geolistrik 2D untuk Identifikasi Amblasan Tanah dan Longsoran di Jalan Tol Semarang-Solo KM5+400-KM5+800. Jurnal Fisika dan Aplikasinya, Vol. 1, No. 2, Hal. 179–186.

Muhardi, Perdhana R., dan Nasharuddin. 2019. Identifikasi Keberadaan Air Tanah Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus: Desa Clapar Kabupaten Banjarnegara). Prisma Fisika, Vol. 7, No. 3, Hal. 331–336.

Febriani Y. dan Sohibun. 2019. Aplikasi Metode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger untuk Mengidentifikasi Lapisan Air Tanah di Desa Ulak Patian Rokan Hulu Riau. Jurnal Fisika Flux. Vol. 16, No. 1, Hal. 54–60.

Manrulu R.H., Nurfalaq A., dan Hamid D. 2018. Pendugaan Sebaran Air Tanah Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner dan Schlumberger Di Kampus 2 Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Fisika Flux, Vol. 15, No. 1, Hal. 6–12.

Rohmah S.A., Maryanto S., dan Susilo A. 2018. Identifikasi Air Tanah Daerah Agrotechno Park Cangar Batu Jawa Timur Berdasarkan Metode Geolistrik Resistivitas. Jurnal Fisika dan Aplikasinya, Vol. 14, No.1, Hal. 5–11.

Telford, W.M., Geldart L.P., dan Sheriff R.E. 1990. Applied Geophysics. Second Edition. New York: Cambridge University Press.

Lowrie W. 2007. Fundamental of Geophysics. Second Edition. New York: Cambridge University Press.

Reynolds J.M. 1997. An Introduction to Applied and Environmental Geophysics. England: John Wiley & Sons Ltd.

Milsom J. 2003. Field Geophysics. Third Edition. England: John Wiley & Sons Ltd.

Loke D.M. 2000. Electrical Imaging Surveys for Environmental and Engineering Studies. Geoelectrical.com.

Rustadi, Pauzi G.A., dan Taufik O. 2018. Investigasi Geologi dan Geolistrik untuk Menafsirkan Keberadaan Air Tanah Dangkal di Ambarawa, Lampung. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, Vol. 6, No. 1, Hal. 109–114.

Darsono dan Darmanto D. 2019. Identifikasi Keberadaan Lapisan Akuifer Tertekan (Confined Aquifer) Berdasarkan Data Geolistrik (Studi Kasus : Desa Sambirejo Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen). Indonesian Journal of Applied Physics, Vol. 9, No. 1, Hal. 46–53.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.