Lucutan Plasma Pijar Korona dengan Variasi Tegangan untuk Degradasi Metilen Biru

kusumandari kusumandari, Teguh Endah Saraswati, Nor Shalina Saputri

Abstract

Teknologi plasma merupakan metode pengolahan limbah yang cukup menjanjikan. Dalam penelitian ini, lucutan plasma dihasilkan dari dua buah elektroda jarum stainless steel yang dipasang paralel dan dihubungkan dengan tegangan tinggi bolak-balik (AC) sebesar 8.5 – 11.5 kV. Metilen biru digunakan sebagai larutan model. Elektroda berada sekitar 2 mm di atas larutan yang diletakkan pada magnetic stirrer dengan kecepatan 6 rpm. Waktu perlakuan yang digunakan adalah 2, 4, 6, 8, dan 10 menit untuk setiap tegangan. Karakteristik larutan meliputi absorbansi, pH dan suhu diukur sebelum dan sesudah perlakuan untuk mengetahui pengaruh tegangan dan lama waktu perlakuan plasma. Hasil yang didapat, absorbansi dan pH turun seiring kenaikan tegangan dan lama waktu perlakuan, sedangkan suhu akan semakin naik.

Keywords

plasma, pengolahan limbah, tegangan, waktu perlakuan

Full Text:

PDF

References

Sanada, R. A., Moersidik, S. S., & Suwartha, N., 2014, Adsorpsi Zat Warna Kationik (Methylene Blue) Menggunakan Karbon Aktif Tempurung Kelapa dan Batu Bara serta Efisiensi Regenerasinya.

Falahiyah, 2015, Adsorpsi Methylene Blue menggunakan Abu dari Sabut dan Tempurung Kelapa Teraktivasi Sulfat, Skripsi, Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Holkar, R.C., Jadhav, J.A., Pinjari, V.D., & Mahamuni, M.N. 2016. A Critical Review on Textile Wastewater Perlakuans: Posisble Approaches. Journal of Environmental Management, 182, 351-366.

Widyaningsih, V. 2011. Pengolahan Limbah Cair Kantin Yogma FISIP UI. Skripsi. Departemen Teknik Lingkungan UI.

Hadiwidodo, M., Huboyo, S.H., & Indrasarimmawati. 2009. Penurunan Warna, COD dan TSS Limbah Cair Industri Tekstil Menggunakan Teknologi Dielectric Barrier Discharge dengan Variasi Tegangan dan Flow Rate Oksigen. Jurnal Presipitasi, 7(2), 16-22.

Jiang, B., Zheng, J., Qiu, S., Wu, M., Zhang, Q., Yan, Z., & Xue, Q. 2014. Review on Electrical Discharge Plasma Technology for Wastewater Remediation. Chemical Engineering Journal, 236, 348-368.

Nur, M. 2011. Fisika Plasma dan Aplikasinya. Semarang : UNDIP.

Muradia, S. & Nagatsu, M., 2015, Study Of Low-Voltage Pulsed Plasma Discharges Inside Water Using A Bubble-Generating Porous Ceramic Electrode For Wastewater Perlakuan, Applied Physics Letters 102, 144105.

Wardaya, A. Y. & Nur M, 2010,Analisis Medan Listrik pada Plasma Korona dengan Konfigurasi Cincin Bidang, Berkala Fisika. 13 (4), 139-144.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.