Aplikasi Thermochromic Liquid Crystal Untuk Mengamati Perpindahan Kalor Pada Permukaan Logam

Risti Suryantari, Flaviana Flaviana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati peristiwa perpindahan kalor pada area permukaan logam yang bersentuhan dengan permukaan lembaran Thermochromic Liquid Crystal (TLC) R30C5W, melalui citra permukaan TLC selama proses pemanasan logam. Logam dipanaskan dengan pemanas celup, sehingga kalor akan terdistribusi hingga mencapai permukaan logam. Apabila permukaan logam tersebut bersentuhan dengan permukaan TLC, maka kalor akan berpindah dari permukaan logam ke permukaan TLC, dan ditunjukkan dengan terjadinya perubahan warna pada permukaan TLC. Citra asli yang diperoleh dalam bentuk RGB dikonversi menjadi HSV (hue, saturation, value), lalu diambil komponen hue saja, dan kemudian citra hue diproses menggunakan Matlab2014a untuk mendapatkan citra yang lebih baik. Hasil menunjukkan, seiring dengan meningkatnya temperatur permukaan logam, nilai mean hue semakin meningkat. Selain itu, nilai hue sepanjang garis tengah lingkaran pada permukaan TLC, cukup merata di bagian tengahnya (lingkaran dalam) namun semakin berkurang di tepinya (tepi kanan dan kiri), yang menunjukkan semakin jauh dari tepi permukaan logam maka energi kalornya semakin berkurang, karena terjadi perpindahan kalor pada tepi permukaan logam ke udara di sekitarnya.

 

Kata kunci: Thermochromic Liquid Crystal (TLC), hue, perpindahan kalor.

Full Text:

PDF

References

Bharara, Manish. 2007. Liquid Crystal Thermography in Neuropathic Assesment of Diabetic Foot, PhD Thesis, Bournemouth University.

Gonzales, R.C., Woods, R.E. 2002. Digital Image Processing, 2ed, Prentice Hall.

Hallcrest. 1991. Handbook of Thermochromic Liquid Crystal. Glenview, IL, Hallcrest.

J.A. Stasiek and T.A. Kowalewski. 2002. Thermochromic liquid crystals applied for heat transfer research. Opto-Electronic Review 10(1), 1-10.

Suryantari & Flaviana. 2015. Linearization of Hue Value on the Surface of Thermochromic Liquid Crystal with Variation of Temperature. Indonesian Journal of Applied Physics. Volume: 05(1), page 84-91.

Yang, Deng-Ke & Wu, Shin-Tson. 2006. Fundamentals of Liquid Crystal Devices. John Wiley&Son Ltd.

Zemansky,W Mark and Dittman, H Richard. 1997. Heat and Thermodynamics. 7th ed. McGraw-Hill, Inc.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.