Perhitungan Nilai Percepatan Tanah Maksimum Berdasar Rekaman Sinyal Accelerograph di Stasiun Pengukuran UNSO Surakarta

Ari Sungkowo

Abstract

Rekaman-rekaman yang dihasilkan oleh strong motion accelerograph merupakan hal yang penting dalam teknik kegempaan sebagai dasar untuk karaterisasi getaran tanah yang digunakan dalam desain seismik. Telah dilakukan perhitungan nilai percepatan tanah maksimum (PGA) menggunakan data rekaman sinyal yang terekam oleh sensor Strong Motion Accelerograph di stasiun pengukuran UNSO yang terpasang di laboratorium hidrologi fakultas teknik sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sensor yang terpasang bertipe TSA 100 yang diproduksi oleh Metrozet USA. Rekaman gempa yang digunakan dalam perhitungan ini adalah rekaman gempabumi tanggal 03 Agustus 2017 dengan magitudo 5.3 SR, epicenter gempabumi di BaratDaya Cilacap Jawa Tengah. PGA dihitung dengan metode absolut yaitu menggunakan amplitudo maksimum sinyal yang terekam di sensor. Software yang digunakan untuk menghitung PGA adalah software dadiSP. Nilai PGA pada masing -masing hasil perhitungan adalah 0.307 Gal komponen N-S, 0.302 Gal komponen E-W dan 0.133 Gal komponen U-D. Intensitas gempa di stasiun pengukuran UNSO adalah I MMI. Hasil ini menunjukan sensor UNSO dapat dipergunakan untuk mengetahui nilai PGA dari suatu dari suatu gempabumi.

Keywords

PGA, accelerograph, Seismogram, gempabumi

Full Text:

PDF

References

H.TH. Verstapen, Indonesian Landform and Plate tectovics, Jurnal Geologi indonesia, Vol 5No. 3 September 2010: 197-207

Warren Hamilton,W., Tectonics of the indonesian region, Geol. Soc, Malaysia, Bulletin 6, July 1973; pp. 3-10

Gunawan, I., Subardjo. 2004. Pengetahuan Seismologi, Badan Meteorologi dan Geofisika. Jakarta.

Sabtaji, A., dkk. 2006. Estimasi Perhitungan Percepatan Tanah Gempabumi Utama Nabire dan Jogjakarta Menggunakan Data Accelerograph Gempabumi Susulan, Jurnal Meteorologi dan Geofisika, Vol. 7 No. 3 September 2006

Prayitno, B. S., Ponimin. 2006. Accelerograph, Materi Workshop Peralatan Geofisika, Tanggal 5-9 Juni 2006

Dadafshar, M., 2014, Accelerometer and Gyroscopes Sensors: Operation, Sensing, and Applications, Aplication Note 5830

Boore, D. M., Bommer J. J. 2004. Processing of strong-motion accelerograms: needs,options and consequences, Soil Dynamics and Earthquake Engineering, 25 (2), 93–115.

Sukanta I. N., dkk, 2010. Accelerograph BMKG dalam Penentuan Peta Intensitas Gempa Kuat. Puslibang BMKG

Getting Start with DadiSP, http://www.dadisp.com/files/getstart.pdf.

William H. K. L., Kanamori, H., Jennings P. C., & Kisslinger, C. 2003. International Handbook of Earthquake and Engineering Seismology. Elsevier.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.