Karakteristik Sensor Kapasitif Pelat Sejajar Dalam Aplikasinya Sebagai Instrumen Pengukur Curah Hujan Berbasis Arduino Uno

Bowo Eko Cahyono, Supriyadi Supriyadi, Muhammad Ainur Rofiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari karakteristik dari kapasitor pelat sejajar sebagai sensor dalam alat ukur curah hujan berbasis Arduino dengan tampilan LCD. Alat ini mampu membaca dan menampilan tegangan keluaran, nilai kapasitansi, konstanta dielektrik dan tinggi level curah hujan akibat adanya perubahan komposisi bahan dielektrik di antara pelat kapasitor. Sistem yang didesain telah diuji dalam 3 tahapan yaitu, uji akurasi pembacaan nilai kapasitansi, nilai ketinggian air, dan pengujian di lapangan. Nilai-nilai kapasitansi sensor yang ditampilkan dalam LCD dibandingkan dengan nilai kapasitansi sensor yang diukur dengan menggunkan kapasitansi meter CM-3300A. Dalam pengujian ini didapatkan hasil bahwa nilai-nilai kapasitansi yang diukur dengan dua etode yang berbeda tersebut saling berdekatan. Selisih tertinggi adalah 20,97pF pada ketinggian 15cm. Tinggi level air yang terbaca dibandingkan dengan pembacaan menggunakan penggaris dan hasilnya menunjukkan bahwa selisih terkecil yaitu 0,19 mm dan selisih terbesar 4,93 mm. Selanjutnya berdasarkan pengujian langsung di lapangan didapatkan selisih yang tidak terlalu jauh, dengan rata-rata selisih yang diperoleh kurang dari 5 mm. Secara umum, sistem alat ukur curah hujan telah menunjukkan kinerja yang bagus  saat dilakukan pengujian dan diaplikasikan pada kondisi hujan secara langsung di lapangan. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa sistem alat ukur curh hujan telah sesuai dengan apa yang diharapkan.

Keywords

Hujan, Kapasitansi, Dielektrik, Arduino Uno

Full Text:

PDF

References

Handajani, N. 2005. Analisa Distribusi Curah Hujan dengan Kala Ulang Tertentu. Jurnal Rekayasa Perencanaan. Vol 1 (3): page 1-13.

Affandi, R.A., Lubis, dan Septiadi, D. 2012. Karakteristik Pola Curah Hujan di Wilayah Sekitar Teluk (Study Daerah Nabire Provinsi Papua dan Fakfak Papua Barat. Jurnal Matematika dan Sains. Vol 17 (2): page 47-54.

Evita, M.H., Mahfudz, Suprijadi, S., Djamal, M., dan Khairurijal, K. 2010. Alat Ukur Curah Hujan Tipping-Bucket Sederhana dan Murah Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Otomatis Kontrol Instrumentasi. Vol 2 (2): page 1-10.

Permana, R.G., Rahmawati, E., dan Dzulkiflih. 2015. Perancangan dan Pengujian Penakar Hujan Tipe Tipping Bucket dengan Sensor Photo-Interrupter Berbasis Arduino. Jurnal Inovasi Fisika Indonesia. Vol 4 (3): page 71-76.

Sa-Ngiamvibool, Angkawisittpan, Nuan-On, Photong, dan Kangrang. 2013. A Rain Gauge System using a Capacitance Sensor. International Journal of Engineering and Technology. Vol 5 (4): page 3596-3600.

Sutrisno. 1983. Fisika Dasar. Bandung: Institut Teknologi Bandung:

Young, Hugh D. & Freedman, Roger A. 2000. University Physics. New York: Addison Wesley Longman Inc. 2002. Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga.

Saripudin, A. 2008. Fisika Kelompok Teknolgi dan Kesehatan. Bandung: Grafindo Media Pratama:

Zahrotin, E. & Endarko. 2014. Rancang Bangun sensor Kapasitif Untuk Level Air”. . ISSN : . Vol. 17 (4): . Jurnal Berkala Fisika. Vol 17 (4): page 129-138.

Mujib, S. & Muntini, M. S. 2013. Perancangan Sensor Kelembaban Beras Berbasis Kapasitor. Jurnal Sains Seni Pomits. Vol 1 (1): page 1-6.

Kamajaya. 1984. Ringkasan Fisika. 1 Ed. Bandung: Ganeca Exact Bandung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.