Sistem Informasi Pendaftaran Dan Monitoring Service Pada DFN Computer Berbasis Web

Taufiq NurHidayat, Rudi Susanto, Vihi Atina

Abstract

Abstrak  
DFN Computer  merupakan usaha jasa service perangkat komputer yang menangani semua perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Pendaftaran service masih manual dengan pelanggan datang langsung ke toko dan juga menghubungi melalui WhatsApp. Monitoring service pelanggan hanya bisa menanyakan sejauh mana proses service-nya menggunakan WhatsApp. Dalam pembuatan dan pengelolaan laporan data service masih dikelola secara manual atau melakukan pencatatan menggunakan kertas diteruskan dikelola di Excel. Untuk memenuhi kebutuhan dalam pembuatan laporan, pengolahan data monitoring service maupun transaksi service diatas maka dibutuhkan sistem informasi berbasis website yang mudah diakses oleh semua orang. Metode yang digunakan menggunakan metode waterfall yang meliputi Requirement, Design, Implementation,Verification, Maintenance. Sistem informasi yang telah dibangun berhasil menampilkan dan mengelola data pelanggan, data harga, data service, data monitoring service, dan laporan transaksi yang bisa diakses oleh owner dan teknisi. Pengujian blackbox mendapatkan hasil yaitu bahwa sistem yang dibuat sudah baik, dalam membantu proses monitoring service maupun transaksi service, mempercepat pengolahan data, dan dari hasil user acceptance testing bahwa berdasarkan dari 30 responden yang terdiri dari 1 owner, 2 Teknisi, 27 Pelanggan didapatkan hasil Sangat setuju 48,02 %, Setuju 47,34 %, Netral 4,64 %, Tidak setuju 0%, dan Sangat tidak setuju 0%. 
================================================= 
Abstract 
DFN Computer is a computer equipment service business that handles all hardware and software. Service registration is still manual with customers coming directly to the store and also contacting via WhatsApp. Monitoring customer service can only ask how far the service process is using WhatsApp. In making and managing data service reports, it is still managed manually or recording using paper is continued to be managed in excel. To meet the needs for making reports, monitoring service data processing and service transactions above, a website-based information system is needed that is easily accessible to everyone. The method used uses the waterfall method which includes Requirements, Design, Implementation, Verification, Maintenance. The information system that has been built successfully displays and manages customer data, price data, service data, service monitoring data, and transaction reports that can be accessed by owners and technicians. Blackbox testing got the result that the system created was good, in assisting the process of monitoring services and service transactions, speeding up data processing, and from the results of user acceptance testing that based on 30 respondents consisting of 1 owner, 2 technicians, 27 customers, the results obtained Strongly agree 48.02%, Agree 47.34%, Neutral 4.64%, Disagree 0%, and Strongly disagree 0%.

Keywords

DFN Computer, Waterfall, Monitoring servis, Servis komputer

Full Text:

PDF

References

[1] M. Ichsan, “SISTEM INFORMASI SERVIS KOMPUTER BERBASIS WEB STUDI KASUS DATACOM,” vol. 6, no. 1, pp. 13–20, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.polihasnur.ac.id/index.php/pha/article/view/413/381

[2] M. F. Rizki et al., “SERVIS LAPTOP BERBASIS WEB PADA TOKO WEB BASED LAPTOP SERVICE MONITORING INFORMATION SYSTEM DESIGN AT FENTACOM . ID,” vol. 6, pp. 184–192, 2022.

[3] U. Khair M-, A. Ali Hakam Dani-, M. Muhallim-, and D. Palopo, “Sistem Informasi Pengelolaan Service Komputer Berbasis Web Di Central Media Computer Palopo,” DEWANTARA. J. Tech, vol. 02, no. 02, pp. 08–15, 2021.

[4] A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.

[5] M. S. Novendri, A. Saputra, and C. E. Firman, “Aplikasi inventaris barang pada mts nurul islam dumai menggunakan php dan mysql,” Lentera Dumai, vol. 10, no. 2, pp. 46–57, 2019.

[6] N. M. D. Febriyanti, A. A. K. O. Sudana, and I. N. Piarsa, “Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen,” J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 3, pp. 1–10, 2021.

[7] N. Aini, S. A. Wicaksono, and I. Arwani, “Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi pada : SMK Negeri 11 Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, pp. 8647–8655, 2019.

[8] S. Nurhayati, N. Sucahyo, and S. Selawati, “Penerapan Metode Pieces Dalam Pengembangan Sistem E-Commerce Penjualan Produk Komputer,” Jris J. Rekayasa Inf. Swadharma, vol. 1, no. 1, pp. 34–39, 2021, doi: 10.56486/jris.vol1no1.63.

[9] V. Meisella, “Sistem Informasi Manajemen Proyek Konstruksi pada PT. Reka Mandiri Menggunakan Metode Burgerlijke Openbare Werken (BOW),” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 5–24, 2019, [Online]. Available: http://eprints.polsri.ac.id/7571/

[10] Setiawan, Dicky Agus, Rudi Susanto, and Wijiyanto Wijiyanto. "Pengembangan E-Commerce Berbasis Web Pada Dyzan Store Wonogiri." Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 7, no. 2 (2021): 41-51/

[11] Saputro, Agung, Vihi Atina, and Rudi Susanto. "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta LKS Dengan Kombinasi Metode Gain Ratio Dan Moora." Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi 6, no. 2 (2023): 300-310.

[12] Putri, Mita Kharisma Permata Zion, Rudi Susanto, and Arif Wicaksono Septyanto. "Rancang Bangun Sistem Informasi Tracking Sales dengan Integrasi Kartu Radio Frequency Identification." Jurnal Informatika Global 13, no. 1 (2022).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.