Penerapan Metode Finite State Machine pada Pengembangan Game Edukasi Pengolahan Sampah

Ruziq Maulana, Aries Suharso, Adhi Rizal

Abstract

Abstrak

Saat ini banyak orang yang tidak memiliki kesadaran akan kebersihan lingkungannya sendiri dan masih banyak yang membuang sampah sembarangan, yang akan menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Untuk meningkatkan kesadaran seseorang dalam hal sampah maka perlu adanya sebuah edukasi mengenai pengolahan sampah. Edukasi yang terbaik adalah edukasi yang dilakukan sejak dini, sehingga edukasi yang dilakukan akan tersimpan sampai tua nanti. Agar meningkatkan minat belajar anak-anak usia dini maka perlu adanya media yang menyenangkan bagi anak salah satunya menggunakan video game. Dalam pembuatan video game banyak metode yang dapat digunakan salah satunya adalah metode Finite State Machine. Tujuan dari penelitian ini iyalah bagaimana membuat game pengolahan sampah dengan menerapkan metode finite state machine dan mengukur tingkat penerimaan anak terhadap game yang dibuat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tools yang digunakan dalam membangun aplikasi yaitu Unity. Aplikasi ini berhasil memuat game pengolahan sampah dengan menerapkan metode Finite State Machine yang diimplementasikan pada NPC dan enemy. Implementasi uji coba aplikasi ini menggunakan pengujian usabilitas di mana hasil rata-rata yang didapatkan adalah 89,69%.

============

Abstract

Recently, many people do not have awareness of their own environmental cleanliness and still do littering that causes pollution & environmental damage. To increase people awareness of waste problem, education of waste disposal need to be given. The best education is best given from early childhood so that the lesson will be remain until they are grown up. Fun media is needed to be given to improve children interest to learn, one of them is using video game. In making video game, many methods can be used, one of which is the Finite State Machine method. The purpose of this research is how to make a waste disposal video game by applying the finite state machine method and measuring the level of children's acceptance of the game. The methodology used in this research is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) with Unity as a tool to build the application. This application successfully loads the waste disposal game by applying the Finite State Machine method, which is implemented on NPCs and enemy. The trial implementation of the application uses a usability test where the average result obtained is 89.69%.

Keywords

game edukasi, MDLC, finite state machine, unity, pengolahan sampah

Full Text:

PDF

References

[1] P. Purwaningrum, “Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan,” Indones. J. Urban Environ. Technol., vol. 8, no. 2, p. 141, 2016, doi: 10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1421.

[2] Din, “KLHK: 72 Persen Masyarakat Tak Peduli dengan Sampah Plastik,” CNN Indonesia, Jakarta, Aug. 21, 2019.

[3] N. F. A. B. Baqiroh, “Timbulan Sampah Nasional Capai 64 juta ton per Tahun,” Bisnis.com, Jakarta, Feb. 21, 2019.

[4] N. Sari and S. A. Mulasari, “Pengetahuan, Sikap Dan Pendidikan Dengan Perilaku Pengelolaan Sampah Di Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta,” J. Med. Respati, vol. 12, no. April, pp. 1907–3887, 2017, [Online]. Available: http://eprints.uad.ac.id/8012/1/30-55-1-SM.pdf.

[5] F. Chandra, A. Dektisa, and B. D. Arini, “Perancangan Permainan Interaktif Sebagai Pendukung Optimalisasi Golden Age Pada Anak,” J. DKV Adiwarna, vol. Vol 1, no. No 12, 2018, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7102.

[6] M. Zaini and S. Soenarto, “Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, p. 254, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v3i1.127.

7] A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 1, pp. 25–32, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform/article/view/220.

[8] E. Yulsilviana and H. Ekawati, “Penerapan Metode Finite State Machine (Fsm) Pada Game Agent Legenda Anak Borneo,” pp. 116–123, 2019.

[9] R. A. Rahman and D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,” J. Algoritm., vol. 13, no. 1, pp. 184–190, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.13-1.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.