Rancang Bangun Aplikasi EXAM dengan Metode Analisis Butir Soal

Yudho Yudhanto

Abstract

Abstrak

Tujuan dari sistem yang akan dibuat ini adalah untuk memudahkan guru mengetahui tingkat kesulitan soal yang dikerjakan peserta ujian, serta memudahkan peserta ujian melihat informasi hasil ujian lulus atau tidak berdasarkan nilai yang diperoleh sebagai acuan untuk mengerjakan soal ujian ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis butir soal kuantatif. Penelaahan soal secara kuantitatif adalah penelaahan butir soal didasarkan pada bukti empirik. Tingkat kesukaran dinyatakan dalam indeks kesukaran (dificulty index), adalah angka yang menunjukkan proporsi siswa yang menjawab benar soal tersebut. Semakin besar indeks tingkat kesukaran yang diperoleh dan hasil hitungan, berarti semakin mudah soal itu. Semakin tinggi koefisien daya pembeda suatu butir soal, semakin mampu butir soal tersebut membedakan antara peerta didik yang menguasai kompetensi dengan peserta didik yang kurang menguasai kompetensi. Penelitian ini akan diawali dengan membuat proses bisnis dari pembuatan soal ujian hingga hasil akhir nilai ujian. Sebelum membuat perancangan aplikasi diperlukan tabel Kebutuhan Fungsional Sistem. Selanjutnya, dalam perancangan aplikasi yang pertama yaitu Usecase Diagram dan Skenario Usecase. Setelah itu membuat Class Diagram dan Sequence Diagram. Setelah perancangan selesai, lalu membuat rancangan database dengan ERD (Entity Relationship Diagram), Relasi Antar Tabel, dan Perancangan Tabel. Kemudian membuat desain User Interface. Setelah itu, sistem diuji dengan metode Blackbox. Hasil penelitian pada tugas akhir Rancang Bangun Aplikasi Exam Dengan Metode Analisis Butir Soal adalah sistem yang berasal dari perancangan aplikasi dan perancangan database yang telah diimplementasikan untuk menganalisis butir soal ujian berdasarkan bobot yang telah ditentukan pada setiap opsi jawaban.

==========================

Abtract

The purpose of the system that will be created is to make it easier for teachers to find out the level of difficulty of the questions done by the examinees, and to make it easier for the examinees to see information on the results of the graduated exam or not based on the scores obtained as a reference for working on retest questions. The method used in this research is quantitative item analysis. Quantitative review of questions is a review of items based on empirical evidence. Difficulty level is expressed in the difficulty index, is a number that shows the proportion of students who answered the problem correctly. The greater the difficulty level index obtained and the results of the calculation, the easier the problem is. The higher the coefficient of distinguishing power of an item, the more able the item is to distinguish between students who master competencies and students who lack competency. This research will begin by making a business process from making exam questions to the final results of the exam scores. Before making an application design, a System Functional Requirement table is needed. Next, in designing the first application, the Usecase Diagram and the Usecase Scenario. After that make a Class Diagram and Sequence Diagram. After the design is complete, then create a database design with ERD (Entity Relationship Diagram), Relationships Between Tables, and Table Design. Then create a User Interface Design. After that, the system is tested by the Blackbox Method. The results of the research in the final project Design and Application Development Exam with Item Analysis Method Problem is a system derived from the application design and database design that has been implemented to analyze the test items based on the weight that has been determined on each answer option.

Keywords

Analisis Butir Soal, Tingkat Kesulitan, Daya Pembeda, Distraktor, Guru, Peserta Ujian

Full Text:

PDF

References

[1] Abdul. 2019. Pengguna Internet Tembus 175 Juta. Retrieved from Investor Daily: https://investor.id/archive/2019-pengguna-internet-tembus-175-juta

[2] Anggy Trisnawan Putra. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Ujian Online Berbasis Web. Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Indonesia: Universitas Negeri Semarang.

[3] Wisnu Wardoyo dan Eko Suprapto. Rancang Bangun Program Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Sebagai Pendukung Proses Evaluasi Pembelajaran. Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Semarang, Indonesia: Universitas Negeri Semarang.

[4] Muhammad Dwika Ilyas Ruhyat. 2019. Rancang Bangun Aplikasi Ujian Online Untuk Siswa SMP Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus : Smp Negeri 4 Cikalongkulon). Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Indonesia: Universitas Pasundan Bandung.

[5] Dewa Ayu Sri Agustina. 2017. Perancangan Aplikasi Computer Based Test (Cbt) Berbasis Web (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Kuta – Badung). Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Kesehatan Sains dan Teknologi. Indonesia: Universitas Dhayana Pura Bali.

[6] Endri Rahmawanto. 2015. Sistem Informasi Ujian Mandiri Online Berbasis Web Di SMP Negeri 1 Srandakan. Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri. Indonesia: Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.