Penerapan Augmented Reality Technology Pada Museum Sangiran Dan Analisis Investasi Teknologi Informasi Menggunakan Metode Information Economics

Fendy Prasetyo Nugroho, Kusrini Kusrini, Emha Taufiq Luthfi

Abstract

Museum Sangiran merupakan sebuah situs purbakala yang berada di Kabupaten Sragen yang merupakan sebuah situs yang mempunyai banyak sejarah kehidupan dan merupakan situs manusia purba terlengkap di Asia. Sangiran merupakan situs terpenting untuk penelitian dan perkembangan berbagai macam bidang ilmu pengetahuan terutama untuk penelitian dan perkembangan berbagai macam bidang ilmu pengetahuan, bidang teknologi informasi dan tentu saja untuk bidang kepariwisataan. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan Augmented Reality Technology (ART) sebagai media pembelajaran dan media promosi, Museum Sangiran saat ini juga telah memanfaatkan teknologi informasi dan menerapkan ART sebagai media pembelajaran, media informasi dan media promosi untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dalam belajar dan berkunjung ke Museum Sangiran. Dengan pemanfaatan teknologi informasi ART sebagai media promosi tentu saja memerlukan biaya investasi yang cukup besar, sehingga pengelola Museum Sangiran harus jeli untuk dapat melihat manfaat apa yang akan didapatkan apabila menerapkan teknologi informasi sebagai media promosi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa dan mengukur kelayakan investasi teknologi informasi pada proyek pemanfaatan ART berdasarkan metode information economics sehingga dapat diketahui apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang diperoleh.

Keywords

augmented reality technology, information economics, sangiran museum, investation

Full Text:

PDF

References

Nugroho, Fendy P. 2017. Implementasi Augmented Reality Technology (ART) Sebagai Media Promosi Tentang Museum Purbakala Sangiran Kabupaten Sragen. Yogyakarta: Universitas Amikom Yogyakarta.

Mustaqim I., Kurniawan N. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 1, No. 1.

Dekleva, Sasha. 2005. Justifying Investment in IT. Journal of information Technology Management Volume XVI, Number 3 2005. Depaul University.

Hertingkir F., Wardani D. 2017. Analisis Kelayakan Anggaran Investasi Teknologi Informasi dengan Analisis Cost Benefit. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol 14 No. 1. ISSN: 1829-9865.

Tjahjono B. 2011. Penerapan Information Economics Sistem Aplikasi Billing dan Penggajian Karyawan Pada PT. MC NET, Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, KNS&III-066 Hal 418-421.

Zulkifli. 2016. Implementasi Metode Information Economics (IE) Untuk Menganalisis Manfaat Investasi Sistem Dan Teknologi Informasi USNI. Jurnal Satya Informatika Vol. 1 No. 2 Hal. 65-81.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.