KepoTajwid: Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Web Interaktif

Viska Mutiawani

Abstract

Ilmu Tajwid adalah suatu cabang pengetahuan untuk mempelajari cara-cara pembacaan Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan kitab suci umat beragama Islam. Hukum membaca ayat Al-Qur’an dengan Tajwid adalah fardhu’ain bagi setiap orang Islam (muslim). Namun ilmu Tajwid tergolong ilmu yang sulit khususnya bagi orang yang tidak fasih dalam berbahasa Arab. Berdasarkan hasil survei awal terhadap 31 responden yang beragama Islam, hampir semuanya setuju bahwa ilmu Tajwid merupakan ilmu yang sangat penting dipelajari oleh umat Islam sehingga media belajar yang interaktif serta diikuti dengan penjelasan dan latihan melalui video memberikan kemudahan dalam proses belajar dan meningkatkan minat belajar ilmu Tajwid. Namun referensi belajar ilmu Tajwid yang terpercaya banyak yang menggunakan bahasa Arab sehingga susah dipahami oleh muslim di Indonesia. Oleh karena itu, dibangunlah aplikasi ilmu tajwid yang diberi nama KepoTajwid. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode RAD (Rapid Application Development) dan diuji menggunakan metode Black Box testing. Aplikasi ini terdiri dari materi dasar ilmu Tajwid yaitu hukum nun sukun dan tanwin, hukum mim sukun, makharijul huruf, shifatul huruf dalam bentuk teks, gambar, audio dan video.

Keywords

Ilmu tajwid, media belajar interaktif, aplikasi web

Full Text:

PDF

References

A. I. Abdurrohim, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: Diponegoro, 2013.

D. Suryani, M. Irfan, W. Uriawan, and W. Budiawan, “Implementasi Algoritma Divide and Conquer Pada Aplikasi Belajar Ilmu Tajwid,” J. Online Inform., vol. 1, no. 1, pp. 13–19, 2016.

R. Paradesa, Z. Zulkardi, and D. Darmawijoyo, “Bahan Ajar Kalkulus 2 Menggunakan Macromedia Flash Dan Maple Di Stkip Pgri Lubuklinggau,” J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 95–109, 2010.

O. Lawanto, Pembelajaran Berbasis Web Sebagai Metoda Komplemen Kegiatan Pendidikan, vol. 9. 2001.

Riyanto, Membuat Sendiri Aplikasi E-commerce Dengan PHP dan MYSQL Menggunakan CodeIgniter dan JQuery. Yogyakarta: Andi Publisher, 2011.

A. Annuri, Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an & ilmu Tajwid, Pustaka Al. Jakarta, 2014.

A. M. Ismail and M. U. Nawawi, Pedoman Ilmu Tajwid. Surabaya: Karya Abditama, 1995.

T. Vaughan, Multimedia: Making It Work, vol. 9. McGraw Hill Professional, 2014.

M. Naseer and G. Harsemadi, Sistem Multimedia. Yogyakarta: Andi Publisher, 2013.

R. S. Pressman and ‎Bruce Maxim, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, vol. 8. New York: McGraw Hill Education, 2015.

K. E. Kendall and J. E. Kendall, Systems analysis and design. New Jersey: Prentice Hall, 2011.

M. E. Khan, “Different forms of software testing techniques for finding errors,” Int. J. Comput. Sci. Issues, vol. 7, no. 3, pp. 11–16, 2010.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.