Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbantu Media Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2022/2023

Riza Intan Ramadhani, Sarwono Sarwono, Lintang Ronggowulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ngemplak, Boyolali, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media cross puzzle. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari siswa, guru, dan proses pembelajaran di kelas X2 SMA Negeri 1 Ngemplak. Data dan sumber data dikumpulkan dari peserta didik, guru, dan proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media cross puzzle dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Sebanyak 88,89% atau 32 siswa mencapai atau melebihi batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Meningkatnya hasil belajar siswa menunjukkan keberhasilan akses penelitian, sehingga tindakan lebih lanjut tidak diperlukan.

Keywords

turnamen permainan beregu; cross puzzle; hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Embi, Mohamed Amin. (2011). Web 2.0 Tools in Education: A Quick Guide. Diunduh dari https://www.scribd.com/doc/58 594601/Web-2-0-Tools-in- Education-A Quick-Guide-by- Mohamed-Amin-Embi. Diakses pada tanggal 3 Januari 2020.

Isriani Hardini dan Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Tepadu.Yogyakarta: FAMILIA.

Sadirman A.M. (2012) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Wena, Made. (2009). Strategi Belajar Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, Rochiati, (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.