Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada Peserta Didik Kelas E-11 SMA Negeri 6 Surakarta
Abstract
Komunikasi menjadi salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki Peserta Didik. Melalui komunikasi yang bagus, Peserta Didik dapat mempertajam kemampuan belajar. Keterampilan komunikasi awal Peserta Didik kelas E-11 SMA Negeri 6 Surakarta didominasi pada kategori cukup. Penerapan model pembelajaran cooperative learning yang memungkinkan adanya komunikasi rutin antara Pendidik dengan Peserta Didik, Peserta Didik dengan Peserta Didik dan kelomok Peserta Didik dengan kelompok Peserta Didik diharapkan meningkatkan keterampilan komunikasi Peserta Didik. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan angkat. Data disajikan dalam bentuk diagram kemudian dianalisis secara deskriptif kuntitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan komunikasi didominasi katergori Tinggi sebanayak 61%, Cukup 28% dan Sangat Tinggi 11%. Sudah tidak ditemukan kategori kurang maupun rendah. Hasil belajar juga menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrew, M., (1994). Cooperative Learning Classroom Research. http://alumni.media.mit.edu/~andyd/mindset/design/clc_rsch.html. Retrieved on Aug 7, 2010
Behnamnia, N., Kamsin, A., & Ismail, M. A. B. (2020). The landscape of research on the use of digital game-based learning apps to nurture creativity among young children: A review. Thinking Skills and Creativity, 37, 100666. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100666
Earl, G.L., (2009). Using cooperative learning for a drug information assignment. American Journal of Pharmaceutical Education 73 (7), 132.
Gillies, R., Boyle, M., (2010). Teachers' reflections on cooperative learning: issues of implementation. Teaching and Teacher Education 26, 933–940.
Glăveanu, V. P. (2015). Creativity as a Sociocultural Act. The Journal of Creative Behavior, 49(3), 165–180. https://doi.org/10.1002/jocb.94
Jankowska, D. M., & Karwowski, M. (2019). Family factors and development of creative thinking. Personality and Individual Differences, 142, 202–206. https://doi.org/10.1016/j.paid.2018.07.030
Johnson, David W., 1992. Cooperative Learning: Increasing College Faculty Instructional Productivity. http://www.ericdigests.org/1992-2/cooperative.htm. Retrieved on Aug 7, 2010
Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Kristiana, M. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS untuk Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Dukuh Kupang V Surabaya. Jurnal Penelitian PGSD, Volume 2, Nomor 2, Tahun 2014. Tersedia di http://ejournal.unesa. ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/issue/view/792
Marashi, H., & Khatami, H. (2017). Using cooperative learning to boost creativity and motivation in language learning. Journal of Language and Transltion, 7–1(13), 43–58
National Association of EMS Educators, (2005). Foundations of Education an EMS Approach. Mosby/JEMS.
Navarrete, C. C. (2013). Creative thinking in digital game design and development: A case study. Computers & Education, 69, 320–331. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.07.025
Navarro Ramón, L., & Chacón-López, H. (2021). The impact of musical improvisation on children‘s creative thinking. Thinking Skills and Creativity, 40, 100839. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100839
Panitz, T., (1999). The motivational benefits of cooperative learning. In: Theall, M. (Ed.), New Directions for Teaching and Learning. Jossey-Bass Publisher, San Francisco, Calif.
Richardson, C. & Mishra, P. (2018) Learning Environments That Support Student Creativity: Developing the SCALE. Thinking Skill and Creativity, 27, 45–54. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.11.004
Rini Darmastuti. (2006). Bahasa Indonesia Komunikasi. Salatiga : Gaya Media.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Schuster, P., (2000). Communication: The Key to the Therapeutic Relationship. F A Davis Co Publications, USA, Philadelphia.
Smith, J., Spindle, R.M., (2007). The impact of group formation in a cooperative learning environment. Journal of Accounting Education 25, 153–167. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2007.09.002
Sulasmi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Mardisiwi Tambak Sari Surabaya. Jurnal Penelitian PGSD, Volume 2, Nomor 3, Tahun 2014.
Supriadi, D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Mata pelajaran Ekonomi. Tesis UPI Bandung: tidak diterbitkan
Taylor, C., Lillis, C., LeMone, P., (2008). Fundamentals of Nursing: the Art and Science of Nursing Care, Sixth ed. Lippincott Williams & Wilkins
Refbacks
- There are currently no refbacks.




3.png)
1.png)
1.png)
2.png)

1.png)
