Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Reality Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Kartasura

Sulthan Rachman Maulana, Sarwono Sarwono, Lintang Ronggowulan

Abstract

Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Reality Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Kartasura (Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Tahun Ajaran 2021/2022). Pengaruh media Virtual Reality terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa, pada mata pelajaran geografi materi mitigasi bencana alam. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Virtual Reality dengan media pembelajaran Power Point,(2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Virtual Reality dengan media pembelajaran Power Point. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI-IPS1 sebagai kelas eksperimen dan XI-IPS-2 sebagai kelas kontrol di SMAN 1 Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Virtual Reality dengan media pembelajaran Power Point dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,78 dan kelas kontrol sebesar 76,67, oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa ratarata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,92 dan pada kelas kontrol 61,53, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media Virtual Reality lebih baik dibandingkan dengan media Power Point

Keywords

Virtual Reality; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

BNPB. (2017). Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana Pusat Data, Informasi dah Humas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Clark, D. B., Tanner-Smith, E. E., & Killingsworth, S. S. (2016). Digital Games, Design, and Learning: A Systematic Review and Meta-Analysis. Review of Educational Research, 86(1), 79-122. https://doi.org/10.3102/00346543155820 65

De Back, T. T., Tinga, A. M., Nguyen, P., & Louwerse, M. M. (2020). Benefits of immersive collaborative learning in CAVE-based Virtual Reality. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020- 00228-9

Denta Septian Pamungkas. (2020). Efektivitas Media Virtual Reality Dan Augmented Reality Pada Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Ipa Di Sdn Mlatiharjo 01 Semarang.

Nur, A., Rochmah, K., Sriyono, *, Aji, A., & Geografi, J. (2018). Pembelajaran Mitigasi Bencana Melalui Media Audio Visual Pada Kelas X di SMA Negeri 10 Semarang Info Artikel. In Edu Geography (Vol. 6, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo

Saputro, S. D., & Setyawan, A. (2020). The Effectiveness Use of Virtual Reality Media in Physics Education of Solar System Towards Cognitive Learning Outcomes. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 389. https://doi.org/10.23887/jpi- undiksha.v9i3.23105

Permana, R. C. E., Nasution, I. P., & Gunawijaya, J. (2011). KEARIFAN LOKAL TENTANG MITIGASI BENCANA PADA MASYARAKAT BADUY. Makara Human Behavior Studies in Asia, 15(1), 67. https://doi.org/10.7454/mssh.v15i1.954

Sudjana, N. (1992). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja

Rosdakarya Sukirman, & Arif Reza, W. (2019). Media Interaktif Berbasis Virtual Reality Untuk Simulasi Bencana Alam Gempa Bumi dalam Lingkungan Maya (Vol. 5, Issue 1).

Sutayana I. (2017). Pengembangan Virtual Reality Pengenalan Kendaraan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.