Meningkatkan Minat Belajar Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 20222023

Meilyta Lusiyanti, Eny Wiji Lestari, Diani Marhaenita

Abstract

Rendahnya minat belajar peserta didik ditandai dengan rendahnya keaktifan dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 menggunakan penerapan model problem based learning. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dengan  3 siklus, dimana 1 siklusnya terdapat 2x pertemuan. Setiap siklusnya dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 36 peserta didik, siklus PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil tentang minat peserta didik siklus 1 mencapai (63%) termasuk kriteria sedang, siklus 2 mencapai (67%) termasuk kriteria sedang, dan siklus 3 mencapai (76%) termasuk kriteria tinggi. Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 nilai rata-rata 80, siklus 2 rata-rata nilai 82, dan pada siklus 3 nilai rata-rata 93. Dapat disimpulkan dengan penerapan problem based learning (PBL) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 pada materi mitigasi bencana alam.

Keywords

minat belajar; hasil belajar; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References

Abdullah, A. G. dan Taufik R. 2013.Implementasi Problem Based Learning(PBL) pada Proses Pembelajaran diBPTP Bandung. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JU R._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/197 211131999031- ADE_GAFAR_ABDULLAH/Makala h_dan_Artikel_yang_sudah_dipublika sikan_(9_files)/Artikel-02.pdf padatanggal 09 Juni 2023.

Ali Asmi, Hendri Neldi, Khairuddin. 2018.Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah PertamaNegerti 2 Batusangkar. Padang.

Az Zahra, S., &Widiyanto. 2015. Analisis Deskriptif dalam Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) oleh Guru Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 586-602.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka

Hamdani Dedy. 2015. Penerapan ModelProblem Based Learning (PBL) denganMetode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan HasilBelajar 59 IPA Fisika Siswa Kelas VIIIASMPN 12 Kota Bengkulu. Diakses dari https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ prosidingsnf/article/view/4627/3474 pada tanggal 09 Juni 2023. H.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta hal 101

Istiatutik. 2017. Penerapan MetodeProblem Based Learning untukMeningkatkan Hasil Belajar PelajaranEkonomi. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual, 1(1), 45 – 51

Khofifah Siti, Siwi Purwanti, Erni Purwanti. 2020. Upaya Peningkatan Pemahaman dan Minat Belajar dengan Menggunakan Model ProblemBased Learning Siswa Kelas 3 SDN 9 Langkahan. Aceh Utara: UniversitasAhmad Dahlan

Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian TindakanKelas. Jakarta: PT. Indeks

Khairani Makmum. 2013. Psikologi Belajar. Belajar. Yogyakarta:Penerbit Aswaja Pressindo

Meilinda. 2009. Meningkatkan MinatBelajar Sejarah Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token. FIS UNP

Nailah. 2008. Implementasi Metode Cerita dalam Mengembangkan KreativitasSiswa pada Mata Pelajaran Aqidah- Akhlak di MI Raudlatul UlumBangakan Madura. Skripsi: UIN Malang

Nazarudin. 2007. ManajemenPembelajaran. Yogyakarta: TERAS

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto. 2010. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Refbacks

  • There are currently no refbacks.