Meningkatkan Minat Belajar Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 20222023

Meilyta Lusiyanti, Diani Marhaenita, Eny Wiji Lestari

Abstract

Abstract

The low learning interest of students is indicated by the low activity in learning and the low learning outcomes of students. The purpose of this study was to increase students' interest in learning in Class XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Academic Year 2022/2023 using the application of the problem based learning model. This research method uses classroom action research (CAR) carried out in 3 cycles, where 1 cycle has 2 meetings. Each cycle is carried out in 2 meetings. The subjects of this study were 36 students in class XI IPS 1 at SMA Negeri 6 Surakarta for the 2022/2023 academic year. The PTK starts from planning, implementing, observing, and reflecting. Based on the results of data analysis, the results obtained regarding the interest of students in cycle 1 reached (63%) included moderate criteria, cycle 2 achieved (67%) included moderate criteria, and cycle 3 achieved (76%) included high criteria. Student learning outcomes in cycle 1 average score of 80, cycle 2 average score of 82, and cycle 3 average score of 93. It can be concluded that the application of problem based learning (PBL) can increase student interest and learning outcomes in class XI IPS 1 at SMA Negeri 6 Surakarta Academic Year 2022/2023 on natural disaster mitigation material.

Keywords: interest in learning, learning outcomes, Problem Based Learning

 

Abstrak

Rendahnya minat belajar peserta didik ditandai dengan rendahnya keaktifan dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 menggunakan penerapan model problem based learning. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dengan  3 siklus, dimana 1 siklusnya terdapat 2x pertemuan. Setiap siklusnya dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 36 peserta didik, siklus PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil tentang minat peserta didik siklus 1 mencapai (63%) termasuk kriteria sedang, siklus 2 mencapai (67%) termasuk kriteria sedang, dan siklus 3 mencapai (76%) termasuk kriteria tinggi. Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 nilai rata-rata 80, siklus 2 rata-rata nilai 82, dan pada siklus 3 nilai rata-rata 93. Dapat disimpulkan dengan penerapan problem based learning (PBL) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 pada materi mitigasi bencana alam.

Kata kunci : minat belajar, hasil belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References

Abdullah, A. G. dan Taufik R. 2013.Implementasi Problem Based Learning(PBL) pada Proses Pembelajaran diBPTP Bandung. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JU R._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/197 211131999031- ADE_GAFAR_ABDULLAH/Makala h_dan_Artikel_yang_sudah_dipublika sikan_(9_files)/Artikel-02.pdf padatanggal 09 Juni 2023. Ali Asmi, Hendri Neldi, Khairuddin. 2018.Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah PertamaNegerti 2 Batusangkar. Padang. Az Zahra, S., &Widiyanto. 2015. Analisis Deskriptif dalam Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) oleh Guru Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 586-602. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka Hamdani Dedy. 2015. Penerapan ModelProblem Based Learning (PBL) denganMetode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan HasilBelajar 59 IPA Fisika Siswa Kelas VIIIASMPN 12 Kota Bengkulu. Diakses dari https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ prosidingsnf/article/view/4627/3474 pada tanggal 09 Juni 2023. H. Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta hal 101 Istiatutik. 2017. Penerapan MetodeProblem Based Learning untukMeningkatkan Hasil Belajar PelajaranEkonomi. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual, 1(1), 45 – 51 Khofifah Siti, Siwi Purwanti, Erni Purwanti. 2020. Upaya Peningkatan Pemahaman dan Minat Belajar dengan Menggunakan Model ProblemBased Learning Siswa Kelas 3 SDN 9 Langkahan. Aceh Utara: UniversitasAhmad Dahlan Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian TindakanKelas. Jakarta: PT. Indeks Khairani Makmum. 2013. Psikologi Belajar. Belajar. Yogyakarta:Penerbit Aswaja Pressindo Meilinda. 2009. Meningkatkan MinatBelajar Sejarah Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token. FIS UNP Nailah. 2008. Implementasi Metode Cerita dalam Mengembangkan KreativitasSiswa pada Mata Pelajaran Aqidah- Akhlak di MI Raudlatul UlumBangakan Madura. Skripsi: UIN Malang Nazarudin. 2007. ManajemenPembelajaran. Yogyakarta: TERAS Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Trianto. 2010. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Refbacks

  • There are currently no refbacks.