Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Berbantuan Media Pembelajaran Kahoot Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Belajar dapat membantu peserta didik untuk menunjukkan keunggulan sesuai dengan bakat dan minatnya. Oleh karena itu, peserta didik berhak mendapatkan dukungan untuk meningkatkan minat belajarnya. Akan tetapi, di SMA Negeri 6 Suarakarta, minat belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi masih rendah, yaitu sebesar 58%. Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat, dapat membantu untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahuipenerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yang berpengaruh pada hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 6 Surakarta kelas XI IPS 2. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket minat belajar, lembar pre-test dan post-test, media kahoot, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, TGT, dan NHT berbantuan media pembelajaran kahoot dapat meningkatkan minat belajar sebesar 58% (pra siklus), 66% (siklus I), 71%(siklus II), dan 78% (siklus III). Peningkatan minat belajar memberikan dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik yang turut meningkat, yaitu 57 (pra siklus), 80 (siklusI), 85 (siklus II), dan 86 (siklus III).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmi. (2022). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS-4 SMAN 4 Kota Bima Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(1), 14-26.
Mayumi, Ira Sukma. 2022. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Akuntansi Siswa SMK Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Media Pembelajaran Quizziz. Skripsi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Nababan, D., Halawa, T., & Sinaga, Y. A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAK. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 574 - 584.
Ningsih, R., & dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 191-202.
Noviyanti, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi SMA. Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 222-229.
Saadjad, D. Y., & Nanggele, R. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw SMAS GKLB Luwuk. NUMERIC :Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Matematika, 14-27.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Banyumedia Publishing.
Taneo, D. R., & Nomleni, O. (2022). Penerapan Metode Problem Solving secara Online dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2575-2581.
Zulfia, Y. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Prakarya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Meaningful Instructionnal Design di Kelas X Ips-5 Man 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 3142-3149.
Refbacks
- There are currently no refbacks.