Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Mengatasi Miskonsepsi Materi Mitigasi Bencana Kelas XI IPS 3 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023

Anita Wahyu Widyawati, Eny Wiji Lestari, Diani Marhaenita

Abstract

Tingginya miskonsepsi materi mitigasi bencana peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Surakarta semester 2 tahun ajaran 2022/2023, maka dilakukan penelitian tindakan kelas melalui penggunaan model Problem Based Learning diharapkan akan mengurangi miskonsepsi peserta didik dalam pemahaman materi mitigasi bencana. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan penggunaan teknik pengumpulan data dengan tes dan pengamatan. Dalam upaya mengatasi miskonsepsi peserta didik dapat dilihat dari tes kognitif peserta didik. Rata-rata nilai kognitif siklus 1 yaitu 77,80 dengan peserta didik yang mencapai KKM yaitu 77,14 %. Rata-rata nilai kognitif siklus 2 yaitu 77,40 dengan peserta didik yang mencapai KKM yaitu 77,14 %. Rata-rata nilai kognitif siklus 3 yaitu 90,63 dengan peserta didik yang mencapai KKM yaitu 94,29 %.

Full Text:

PDF

References

Ashari, Aginia. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Kegiatan Ekonomi Melalui Penerapan Model Advance Organizer Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret : Surakarta.

Irianti, Erika. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Cahaya Menggunakan Four Tier Diagnostic Test. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, Volume 11 No 2, p-ISSN : 2599-2554 (Print).e-ISSN : 2599-2562 (online), 1-10.

Lestari, Eny Wiji. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Geografi Metri Lingkungan Hidup Melalui Pembelajatan The Power of Two Bagi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA negeri 3 Surakarta Semester 2 Tahun 2013. Workshop Guru PAK Kab Klaten Kilas Seputar PTK.

Mukhlisa, Nurul. (___). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. Fakultas Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 2, DOI 10.31537/speed.v4i2.403, E- ISSN : 2580-7226 P-ISSN : 2580-6041, 66-76.

Nafiah, Yunin Nurun. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, 125-143.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Sekretariat Negara RI. Jakarta.

Yulianti, Yuyu. (2017). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Educatio, Volume 2, Nomor 2, ISSN: 2541-2280, 50-58.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.