Pengembangan Media E-Learning Geografi Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Spatial Critical Thinking Peserta Didik Pada Pembelajaran Geografi di Kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun 2022/2023

Hanan Sri Widyantoro, Singgih Prihadi, Pipit Wijayanti

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kebutuhan siswa terhadap penggunaan media e-learning geografi pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan untuk meningkatkan berpikir kritis spasial (2) dapat mengetahui kelayakan e-learning. -media pembelajaran geografi (3) keefektifan penggunaan media e-learning geografi pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan untuk meningkatkan berpikir kritis spasial siswa kelas X SMA N 1 Boyolali. Parameter yang digunakan dalam pengembangan ini adalah berpikir kritis spasial dengan analisis menggunakan uji t dan analisis n-gain score. Hasilnya adalah sebagai berikut: (1) kebutuhan siswa terhadap media e-learning geografi berbasis Google Sites diperoleh dari data analisis kebutuhan gaya belajar, pengalaman menggunakan media, visualisasi warna media, visualisasi font media dan analisis kritis spasial siswa. berpikir (2) pengembangan media e-learning geografi berbasis Google Sites layak dengan memperoleh skor modus 5 (Sangat Baik dalam skala likert) dari ahli materi, ahli media, guru, uji coba individu, dan uji coba kelompok, skor modus 4 (Baik) uji coba lapangan (3) media pembelajaran berbasis Google Sites dinyatakan efektif dalam meningkatkan berpikir kritis spasial, hal ini terlihat pada rata-rata pretest yang awalnya 67,64 menjadi 89,31 pada posttest setelah diberi perlakuan dengan Google Sites media e-learning geografi berbasis.Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, E-Learning, Berpikir Kritis Spasial

Full Text:

PDF

References

Adzkiya, Dilla Safira, and Maman Suryaman. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan 6(2):20. doi: 10.32832/educate.v6i2.4891.

Wijayanti, Tridewi Eni, and Guntur Trimulyono. (2019). Development of Multiple Intelligence Flipbook in Genetic Substance. Bioedu 8(2):253– 59.

Wijayanto, Bayu, Widia Sutriani, and Farisha Luthfi. (2020). Kemampuan Berpikir Spasial Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi 3(2):42–50. doi:

10.33059/jsg.v3i2.2495.

Afifah, Sabar Nurohman, and Allesius Maryanto. (2021). The Development of Interactive Learning Media on Android Platform Assisted By Google Sites. Journal of Science Education Research 5(2):10–15. doi: 10.21831/jser.v5i2.44288.

Aliman, Muhammad. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Spasial Bagi Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi 4(1):1–10. doi:

10.29408/geodika.v4i1.1823.

Putra, Raharjo Ade, Ahmad Yani, M. Si, Lili Somatri, and M. Si. (2019). Relation Between Spatial Ability and Critical Thinking in Geography Education : A Survey on Student of Senior High School. International Summit on Science Technology and Humanity (ISETH2019) (Advancing Scientific Thought for Future Sustainable Developmen):740–48.

Saputro, Rudy, Dewi Liesnoor, Setyowati, and Puji Hardati. (2020). The Students Spatial Critical Thinking Skill by Using Map and Remote Sensing Imagery on Geography Lesson. Advances in School Sciences, Education and Humanities Research. 443(Iset 2019):250–54. doi: 10.2991/assehr.k.200620.049.

Sembung, Fransiska Yunita, Ida Bagus Putu Arnyana, and Sanusi Mulyadiharja. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis STEM Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha 9(2):174–86.

Sirri, Evi Latifatus, Nani Ratnaningsih, Pelaksanaan Pendidikan, and Dalam Masa. (2020). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 6:34–42.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.