Efektivitas Model LIGEKA_21 Untuk Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi (Penelitian Kuasi Eksperimen K.D. Posisi Strategis Indonesiasebagai Poros Maritim Dunia Kelas XI di SMA Negeri 1 Karanganyar)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas suatu model pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada siswa di abad 21, dimana keterampilan tersebut sangat penting dalam menghadapi perubahan teknologi dan sosial yang begitu cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model LIGEKA_21 dan model Self-Learning dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa geografi kelas XI di SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data menunjukkan bahwa model LIGEKA_21 lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dibandingkan model Self-Learning, dibuktikan dengan hasil N-Gain Score. Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan secara statistik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model LIGEKA_21 lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, Sabar Nurohman, and Allesius Maryanto. (2021). The Development of Interactive Learning Media on Android Platform Assisted By Google Sites. Journal of Science Education Research 5(2):10–15. doi: 10.21831/jser.v5i2.44288.
Aliman, Muhammad. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Spasial Bagi Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi 4(1):1–10. doi: 10.29408/geodika.v4i1.1823.
Putra, Raharjo Ade, Ahmad Yani, M. Si, Lili Somatri, and M. Si. (2019). Relation Between Spatial Ability and Critical Thinking in Geography Education : A Survey on Student of Senior High School. International Summit on Science Technology and Humanity (ISETH2019) (Advancing Scientific Thought for Future Sustainable Developmen):740–48.
Sembung, Fransiska Yunita, Ida Bagus Putu Arnyana, and Sanusi Mulyadiharja. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis STEM Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha 9(2):174–86.
Wijayanti, Tridewi Eni, and Guntur Trimulyono. (2019). Development of Multiple Intelligence Flipbook in Genetic Substance. Bioedu 8(2):253– 59.
Wijayanto, Bayu, Widia Sutriani, and Farisha Luthfi. (2020). Kemampuan Berpikir Spasial Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi 3(2):42–50. doi: 10.33059/jsg.v3i2.2495.
Refbacks
- There are currently no refbacks.