Efektivitas Model LIGEKA_21 Untuk Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi (Penelitian Kuasi Eksperimen K.D. Posisi Strategis Indonesiasebagai Poros Maritim Dunia Kelas XI di SMA Negeri 1 Karanganyar)

Dina Maretta, Sugiyanto Sugiyanto, Gentur Adi Tjahjono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas suatu model pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada siswa di abad 21, dimana keterampilan tersebut sangat penting dalam menghadapi perubahan teknologi dan sosial yang begitu cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model LIGEKA_21 dan model Self-Learning dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa geografi kelas XI di SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data menunjukkan bahwa model LIGEKA_21 lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dibandingkan model Self-Learning, dibuktikan dengan hasil N-Gain Score. Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan secara statistik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model LIGEKA_21 lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen.

Kata Kunci: Efektivitas, model LIGEKA_21, Keterampilan Kritis, dan Keterampilan Kreatif.

Full Text:

PDF

References

Acintyasakti, W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Learning With A Question dengan Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018. (Skripsi, Universitas Sebelas Maret). Diperoleh 15 Februari 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/

Akrim. (2022). Buku Ajar Strategi Pembelajaran (1st ed., Vol. 1). UMSU.

Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts 2020 Update. In Insight assessment: Vol. XXVIII (Issue 1). Diperoleh 20 Juli 2022, dari https://www.researchgate.net/publication/251303244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_Why_It_Counts.

Fithriyah, L., & Sri Utami, W. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMA pada Pembelajaran Geografi Kelas XI IPS. Swara Bhumi E-Journal Pendidikan Geografi FIS Unesa, Vol. 5(9). Diperoleh 15 Februari 2022 dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/26243

Nawawi, M. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa Melalui Video By Design Pada Materi Pelajaran PAI di SMKN 2 Tangerang Selatan. (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah). Diperoleh 15 Desember 2022, dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/40310/1/Rofiq-FITK

Prameswari, S. W. , S. & S. (2018). Inculcate Critical Thinkning Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs) : Conference Series, ISSN 2620-9292, Vol. 1(1). Diperoleh 1 Februari 2022, dari https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648

Ramadhan, U. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Literasi Bencana untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Longsor dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA N Kerjo Kabupaten Karanganyar. (Skripsi, Universitas Sebelas Maret). Diperoleh 15 Februari 2022, dari https://digilib.uns.ac.id/

Setia, R. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan: Studi Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 3 Bandung. (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia). Diperoleh 3 Maret 2022 dari https://repository.upi.edu/.

Sugiyanto. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran IPS SMP Berbasis Literasi Geografi untuk Peningkatan Keterampilan Abad 21. (Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.