Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Kabupaten Klaten (Materi Pokok Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan)
Shalahuddin Jundi Robbani, Pipit Wijayanti, Rita Noviani
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat kemampuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi belajar Geografi pada peserta didik kelas X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten. 2) tingkat kemampuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Geografi pada peserta didik kelas X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten. Metode yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten sebanyak 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Model pembelajaran PBL terbukti meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten pada Kompetensi Dasar 3.7. Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil pengamatan siklus I ke siklus II meningkat 30% dari 70% menjadi 100%. 2) Penerapan Model pembelajaran PBL terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten pada Kompetensi Dasar 3.7. Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya terhadapĀ Kehidupan. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil tes siklus I ke siklus II dari 20 peserta didik yang sudah tuntas (66,67%) menjadi 25 peserta didik (83,33%), meningkat 16,67%.
Keywords
Model Pembelajaran; PBL; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
References
Agustiningrum, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik X IPS 1 Di SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020 Materi Pokok: Dinamika Hidrosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Manusia
Khotimah. (2018). Pembelajaran Fisika Melalui Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas XPA 2 SMAN 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Purnamaningrum, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui problem based learning (PBL) pada pembelajaran biologi peserta didik kelas X-10 SMA negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012