Analisis Efektivitas Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMAN 1 Kartasura

Anisatun Nuzula Fitriani, Sugiyanto Sugiyanto, Sarwono Sarwono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan efektivitas antara model pembelajaran Creative Problem Solving dan model pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta kemampuan berkomunikasi peserta didik pada mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, uji Mann-Whitney, serta perhitungan N-Gain Score untuk menentukan tingkat efektivitas masing-masing model. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh temuan bahwa penerapan model Creative Problem Solving lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dibandingkan model ekspositori, sebagaimana dibuktikan melalui hasil uji Mann-Whitney.

Keywords

Efektivitas Pembelajaran; CPS; Kreatif; Komunikasi

Full Text:

PDF

References

Anwar, K. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Struktur Aljabar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Creative Problem Solving. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 92-106. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5535

Halomuan, U. (2021). Pemahaman Konsep Geografi Siswa dipengaruhi oleh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Gaya Mengajar Guru. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 26-42. http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.8811

Hsm, S. A. A. Panuntun., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 11-22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847

Isrok’atun. (2012). Creative Problem Solving Matematis. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 437-448.

Rolia, R., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Program Linier Kelas XI SMK. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 72-82. https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, L. O. (2021). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 362-373. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4630

Wardani, A. S., & Izzati, N. (2017). Menumbuh kembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran creative problem solving dengan media gonggong. Jurnal Kiprah, 5(2), 50- 60. https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i2.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.