Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat pada Materi Mitigasi Bencana alam tahun ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan pengaruh penggunaan media Google Classroom terhadap minat belajar Geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat pada materi mitigasi bencana alam dan (2) Menjelaskan pengaruh penggunaan media Google Classroom terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat pada materi mitigasi bencana alam tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian berupa Pretest-Posttest, Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Kebakkramat. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk kelas eksperimen dan kelas kontrolnya dengan mempertimbangkan hasil rata-rata nilai IPS kelas XI materi keragaman budaya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket minat, soal tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Kolomogorov Smirnov, uji levene, uji independentsample t-test, dan uji mann whitney.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi 4.0. Sundermann : Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan Sains Humaniora dan Kebudayaan, 1 (1), 28- 43
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Journal UIN- Alauddin, V(2), 274–285
Refbacks
- There are currently no refbacks.