Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual (SAVI) Terhadap Spatial Thinking Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Islam 1 Surakarta Tahun 2021/2022

Siti Murwani, Sugiyanto Sugiyanto, Gentur Adi Tjahjono

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya kemampuan berpikir spasial peserta didik dalam pembelajaran geografi, khususnya pada topik mitigasi bencana alam. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectual (SAVI) terhadap peningkatan kemampuan berpikir spasial. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri atas dua kelas XI IPS di SMA Islam 1 Surakarta, di mana kelas eksperimen menerapkan model SAVI, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Data diperoleh melalui tes pre-test dan post-test serta lembar observasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran SAVI yang dipadukan dengan penggunaan peta mampu meningkatkan kemampuan berpikir spasial secara signifikan berdasarkan lima indikator, yaitu comparison, aura, region, hierarchy, dan association. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan SAVI dapat mengembangkan keterampilan spasial peserta didik melalui penggunaan berbagai stimulus inderawi dan pengalaman belajar langsung pendekatan yang sebelumnya jarang digunakan pada materi mitigasi bencana alam. Berdasarkan temuan tersebut, model SAVI direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran aktif dan kontekstual dalam pendidikan geografi.

Keywords

SAVI; Berpikir Spasial; Geografi; Mitigasi Bencana; Pembelajaran Aktif

Full Text:

PDF

References

Jo, I., & Bednarz, S. W. (2014). Dispositions Toward Teaching Spatial Thinking Through Geography: Conceptualization and an Exemplar Assessment. Journal of Geography, 113(5), 198–207. https://doi.org/10.1080/00221341.2014.881409

Kamilatun Nisa, dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi Indonesia, 6(2), 110–118.

National Research Council (NRC) Committee on Spatial Thinking. (2006). Learning to think spatially. NRC Publication.

Putri, N. A., Ruyana Handawati, Ode Sofyan Hardi (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. 11(2), 168-178. https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i2.59682

Puspitasari, A., Purnanto, A. W., & Hermahayu, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Dengan Media Hide Dan Seek Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ipa. Edukasi Journal, 10(2), 137–148. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.