PENGARUH PERAN ORANG TUA SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KECAMATAN LAMONGAN

Azunna Alitha, Rachma Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua sebagai motivator terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 2.213 di Kecamatan Lamongan. Teknik Simple random sampling dalam penelitian ini diambil secara acak. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Semua butir item pertanyaan dinyatakan valid dengan nilai rhitung > rtabel (0,1946). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh peran orang tua yang dibuktikan dari hasil koefisien determinasi (R Square) yang memberikan pengaruh sebesar 92% terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak, dan sisanya 8% besaran kontribusi dari faktor-faktor yang lain. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya hasil analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 26. Nilai thitung yang dihasilkan sebesar 33.669 dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, sehingga peran orang tua sebagai motivator (X) memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan (Y) anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Lamongan.


Keywords


peran orang tua; motivasi; mengenal konsep bilangan

Full Text:

PDF
rticle

References


Aditya Carolin, N., & Hasibuan, R. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 kelompok A TK dharma wanita tunas muda. PAUD Teratai, Vol. 3 No. 3, hal. 1–6.

Andriani. (2013). Hubungan Antara Motivasi Orang Tua Dalam Mendidik Anak Melalui PAUD Dengan Partisipasinya Di PAUD Kasih Ibu. Spektrum PLS, Vol. 1 No. 1, hal. 1–14. http://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1490

Andriani, F., & Hasibuan, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-20 Melalui Metode Pemberian Tugas Bermedia Bahan Sisa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Godong Gudo Jombang. PAUD Teratai, Vol. 6 No. 3.

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 2, 494–505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253

Arifin, F. A. R., & Tjahjono, A. B. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Di Keluarga The Role Of Parents In The Child’s Moral Education In The Family. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) Vol. 2, 456–464.

Dea Sita Pratiwi, A. A. W. dan M. M. R. (2018). Persepsi orangtua terhadap pendidikan anak usia dini di lingkungan rw 01 dukuh krajan kota salatiga. Satya Widya, Vol. 34 No. 1, hal. 39–49.

Fatria, helma, & Komalasari, D. (2020). Pengaruh Media Papan Jari Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai,Vol.9 No.1.

Gunarsa, Y. S., & D. Gunarsa, S. D. (2012). Psikologi untuk Keluarga Cetakan ke-1. Jakarta: Penerbit Libri.

Habegger, L. (2014). Number concept and rhythmic response in early childhood. Vol. 12 No. 3, hal. 269–280. https://doi.org/10.1080/14613808.2010.504810

Hainstock, E. G. (2008). Kenapa Montessori? Keunggulan Metode Montessori Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Mitra Media.

Heriyanti, N. S., Thamrin, M., Yuniarni, D., & Dini, A. U. (2014). Pemberian motivasi belajar pada anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak mujahidin ii pontianak timur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 3 No. 8, hal. 1–9.

Hotimah, N., & Yanto. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, Vol. 1 No. 2, hal. 85–93. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i2.12

Ika, N., Rakhmawati, S., Hasibuan, R., & Lutfiyah, E. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Study of Domino Number Game f or Early Children ’ s Ability to Recognize Numbers. Vol 3(2), 578–584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.263

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, Volume 3, No. 1, hal. 76–84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

M. Nursalim, D. (2007). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Mayangsari, D., & Umroh, V. (2014). Peran Keluarga dalam Memotivasi Anak Usia Dini Dengan Metode Quantum Learning. Jurnal PGPAUD Trunojoyo, Vol. 1 No. 4, hal. 76–146. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i2.3550

Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal untuk Mengenal Konsep Bilangan pada Anak. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 2, 117–128. https://doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128

Nuriianna, & Nurhafizah. (2020). Peran orangtua terhadap motivasi anak dalam belajar al-quran di taman kanak- kanak. SELING Jurnal Program Studi PGRA, Vol 6 No. 1, hal. 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/selling.v6i1.556

Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permendikbud.

Priyono, D. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.

Qurrata ‘Ayuna, M. P. K. (2017). Motivasi orang tua memasukkan anaknya pada kelompok bermain. Jurnal Ilmiah Pendidian Anak, Vol. 1 No. 1, hal. 69–91.

Ramaini. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar Di TK Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD, Vol 1(1), 1–13. https://org.10.24036/1655

Rengga Rosita dan Nurul Khotimah. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Media Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok A di TK Dahlia Desa Jenisgelaran Bareng Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 06(03), 1–5. http://www.elsevier.com/locate/scp

Riyati, & Hasibuan, R. (2018). Pengaruh Permainan Congklak Berkartu Bilangan terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Konsep Banyak dan Sedikit pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Early Childhood Education Journal of Indonesia, Vol 1(1), hal. 1–9.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1. Edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Sari, D., & Abdullah, M. (2015). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, Volume 5(1), hal. 1–7.

Sari, D. P., Sofia, A., & Fatmawati, N. (2019). Pengenalan lambang bilangan anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5 No. 1, 124–133.

Sarnecka, B. W., & Lee, M. D. (2011). Levels of Number Knowledge in Early Childhood. J Exp Child Psychol, 103(3), 325–337. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2009.02.007.Levels

Slamet, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Perguruan Tinggi.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Tri Noviyanti, S., & Hasibuan, R. (2018). Pengaruh Media Celemek Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Kelompok a Di Tk Tribuana Sooko Mojokerto. PAUD Teratai, Vol. 7 No. 2, hal. 1–5.

Ulifah, U., & Khotimah, N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Pada Kelompok Bermain Putra Bangsa Kedunglengkong Dlanggu Kabupaten Mojokerto. PAUD Teratai, Vol. 3 No. 3, hal. 1–5.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, Volume 1 No. 1, 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini : Strategi Pembangunan Karakter Di Usia Emas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i1.49737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License