Author Guidelines
THE ARTICLE TITLE SHOULD BE WRITTEN WITH CAPITAL SIZE 14 POINT BOLD
Nama Lengkap Penulis1), Nama Lengkap Penulis2), dst. (tanpa gelar)
Instansi Penulis 1), Instansi Penulis 2), dst.
alamat_email_penulis_pertama@email.ac.id
ABSTRACT
Abstract should be written in both English and Indonesian in a single paragraph, 200 words, highlighting the key messages from the research like research goals, methods, and findings and shows how the paper contributes to the field of education as a whole. Key words: should be written under the abstract in bold italics and should reflect the substance of the paper as also mentioned in the title. Format of the writing of abstract and key words, as well as the body of the article must follow this template.
Keywords: abstract, bold, italic, maximum five words, template
JUDUL ARTIKEL DITULIS DENGAN HURUF KAPITAL DENGAN UKURAN 12 CETAK TEBAL
Abstrak: Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, diketik dalam 1 paragraf 1 spasi maksimal 200 kata, berisi pokok-pokok penelitian, seperti tujuan, metode dan hasil penelitian. Abstrak harus dapat menggambarkan bagaimana penelitian yang dilakukan dapat berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dalam format bold dan italic (cetak tebal dan miring) dan merubakan substansi dari penelitian yang dilakukan dan tersebut dalam judul. Format penulisan abstrak dan kata kunci, serta tubuh artikel seluruhnya harus mengikuti cetakan ini.
Kata Kunci: abstrak, bold, italic, maksimal lima kata/frase, tata tulis
PENDAHULUAN
Template ini ditulis sebagai panduan format atau tata-letak penulisan artikel yang dipublikasikan dalam Early Childhood Education and Development Journal. Penulis wajib mengikuti aturan penulisan, baik dari segi jenis huruf, ukuran, tata-letak, banyaknya kata, jumlah halaman, sistematika dan penulisan rujukan. Penulisan rujukan harus menggunakan tautan yang terhubung langsung dengan daftar pustaka, sebagai contoh: Zona perkembangan proksimal adalah istilah Vygotsky (Levine & Munsch, 2014) untuk perbedaan antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dilakukan anak dengan bantuan dan bimbingan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih terampil [1].
Penulis perlu mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), menggunakan kosakata yang tepat dan mengikuti kaidah ilmiah dengan baik dan benar. Apabila artikel ditulis dalam Bahasa Inggris, maka artikel harus menggunakan grammar yang benar dan telah diperiksa oleh ahli bahasa (proofread) dengan cermat. Selain itu, tulisan harus mematuhi etika publikasi ilmiah.
Pengetikan artikel akan lebih mudah apabila menggunakan perangkat lunak Microsoft Word. Gunakan menu Page Layout untuk menentukan ukuran kertas yang digunakan yaitu A4, margin atau batas kanan, kiri, atas dan bawah disesuaikan dengan template ini. Spasi antar baris adalah single (tunggal) tanpa ada spasi tambahan antar paragraf. Jenis huruf yang digunakan Times New Roman ukuran 12.
Secara keseluruhan, jumlah halaman artikel berkisar antara 10 sampai 15 halaman, tidak termasuk daftar pustaka. Sistematika penulisan terdiri atas pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka. Pendahuluan berisi alasan dilakukan penelitian yang ditunjang dengan kajian literatur (teoritik). Bagian pendahuluan ditulis sebanyak lebih kurang 20% dari badan artikel. Kemudian, metode penelitian yang berisi uraian singkat mengenai metode penelitian yang digunakan (kurang lebih 10% badan artikel). Bagian selanjutnya adalah yang sangat penting yaitu mengenai hasil dan pembahasan. Bagian ini ditulis sekitar 65% dari isi artikel keseluruhan dan pembahasan hasil penelitian harus merujuk pada hasil penelitian sebelumnya. Simpulan ditulis dengan singkat (sekitar 5% dari badan artikel) untuk menyatakan jawaban singkat dari masalah penelitian.
Sementara daftar pustaka ditulis sesuai dengan kaidah yang dikeluarkan oleh American Psychological Association (APA) Edisi keenam yang terbit pada tahun 2010.
METODE PENELITIAN
Bagian metode ini harus dapat menjelaskan metode penelitian yang digunakan, termasuk bagaimana prosedur pelaksanaannya. Alat, bahan, media atau instrumen penelitian harus dijelaskan dengan baik. Jika perlu dan penting, ada lampiran mengenai kisi-kisi dari instrumen atau penggalan bahan yang digunakan sekedar memberikan contoh bagi para pembaca.
Apabila ada rumus-rumus statistika yang digunakan sebagai bagian dari metode penelitian, sebaiknya rumus yang sudah umum digunakan tidak ditulis. Misalnya ada ketentuan spesifik yang ditetapkan oleh peneliti dalam rangka mengumpulkan dan menganalisis data penelitian dapat dijelaskan pada bagian metode ini. Penulis disarankan menyampaikan sumber rujukan atas metode yang digunakan.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Pada umumnya hasil penelitian dideskripsikan terlebih dahulu sebelum bagian pembahasan. Artikel dapat memuat tabel dan/atau gambar. Tabel atau gambar tidak boleh terlalu panjang, terlalu besar dan terlalu banyak. Penulis sebaiknya menggunakan variasi penyajian tabel dan gambar.
Tabel dituliskan di tengah atau di akhir setiap teks deskripsi hasil/perolehan penelitian. Judul Tabel ditulis dari kiri, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung. Kalau lebih dari satu baris dituliskan dalam spasi tunggal (at least 12). Sebagai contoh, dapat dilihat Tabel 1. berikut.
Tabel 1. Skor Kemampuan……. Pada Peserta Didik Usia 5-6 Tahun
No. | Aspek Penilaian | Skor |
| | |
| | |
Mean | | |
Hasil berupa gambar, atau data yang dibuat gambar/ skema/ grafik/ diagram, pemaparannya juga mengikuti aturan yang ada, yaitu judul atau nama gambar ditaruh di bawah gambar, dari kiri, dan diberi jarak 1 spasi (at least 12) dari gambar. Bila lebih dari 1 baris, antarbaris diberi spasi tunggal, atau at least 12. Sebagai contoh, dapat dilihat pada Gambar 1. berikut.
Gambar 1. Perbandingan Peningkatan Perkembangan Kognitif Peserta Didik Usia 5-6 Tahun
Pembahasan hasil penelitian harus merujuk pada hasil-hasil penelitian sebelumnya yang telah terbit dalam jurnal ilmiah. Penulisan rujukan dalam badan artikel dan dalam daftar pustaka mendasarkan pada kaidah yang dikeluarkan oleh American Psychological Association (APA) Edisi keenam yang terbit pada tahun 2010 (American Psychological Association, 2010). Ada banyak website yang menyediakan informasi mengenai APA, misalnya yang dibuat oleh Purdue Online Writing Lab. Untuk referensi artikel daring (online), yang ditulis dalam teks hanya pengarangnya saja, alamat lengkap website ditulis di daftar pustaka (lihat Purdue Online Writing Lab).
Contoh yang pertama adalah penulisan sumber referensi di dalam teks. Penulisan dapat seperti ini (Essa, 2014) [2] atau jika ada dua penulis maka ditulis seperti ini (Copple & Bredekamp, 2006). [3] Jika ada lebih dari dua sampai lima penulis, untuk penyebutan yang pertama ditulis semua, seperti (Bass Joel, Contant, & Carin, 2009) dan penyebutan berikutnya ditulis (Bass Joel et al., 2003). [4] Nama penulis sebanyak kurang dari enam ditulis semua, sebagai contoh (Segal, Bardige, Bardige, Breffni & Woika, 2012), tetapi sebanyak enam penulis atau lebih ditulis penulis pertama saja, sebagai contoh (Segal et al., 2000). [5]
Dapat pula ditulis dimana nama di luar tanda kurung, seperti Essa (2014), menyesuaikan dengan pernyataan yang ditulis. Apabila pernyataan merupakan kutipan langsung, maka halaman harus disertakan dengan ditulis seperti contoh ini (Copple & Bredekamp, 2006, p. 35) atau (Copple & Bredekamp, 2006, pp. 35-38).
SIMPULAN
Simpulan berisi jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Bila perlu, di bagian akhir simpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Daftar Pustaka ditulis dengan mengikuti gaya selingkung ECEDJ, seperti tercantum dalam Guideline jurnal yang merujuk pada APA Edisi VI. Ditulis dalam spasi tunggal (atau at least 12pt), antardaftar pustaka diberi jarak 1 spasi. Sebagian contoh cara penulisan referensi/acuan di dalam daftar pustakA, diberikan berikut.
[1] Levine, L.E., & Munsch, J. (2014). Child development: an active learning approach. Canada: SAGE Publications, Inc.
[2] Essa, E. (2014). Introduction to early childhood education. Canada: Nelson Education, Ltd.
[3] Copple, C. & Bredekamp, S. (2006). Basics of developmentally appropriate practice: an introduction for teachers of children 3 to 6. USA: National Association for the Education of Young Children.
[4] Bass, J. E., Contant, T.L., & Carin, A. A. (2009). Teaching science as inquiry. United States of America: PEARSON.
[5] Segal, M., Bardige, B., Bardige, M.K., Breffni, L., & Woika, M.J. (2012). All about child care and early education: a comprehensive resource for child care professionals. New Jersey: PEARSON Education, Inc.