MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA MAGIC BOX PADA USIA 4-5 TAHUN

Fadilla Nindi Prasasti, Upik Elok Endang Rasmani

Abstract

Permasalahan yang mendasari penelitian ini yaitu ditemukan anak-anak masih kebingungan dalam mengenal lambang bilangan, seperti ketika anak melakukan presensi dengan berhitung, anak-anak masih kebingungan dan memberikan jawaban yang belum tepat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penerapan media magic box untuk meningkatkan kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam mengenal lambang bilangan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dengan model Kurt Lewin. Sumber data yang digunakan diperoleh dari anak dan guru serta dokumen dan arsip RPPH dan skenario pembelajaran. Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes yang diberikan kepada anak-anak, kemudian hasil dari pengamatan langsung selama proses penelitian, kemudian hasil dari wawancara yang dilakukan guru serta hasil dokumentasi selama penelitian berlangsung. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain, pertama, siklus I jumlah anak yang tuntas (54,5%). Kedua, siklus II jumlah anak yang tuntas (81,8%). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan magic box mampu meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan.

Keywords

Anak Usia Dini; Lambang Bilangan; Magic Box

Full Text:

PDF PDF

References

Amalia, I., Marup., & Alim Amri, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Angka Bergambar. Jurnal Panrita. https://journal.umpalopo.ac.id/index.php.

Islamiyah, M., Hayati, T., Nurdiansah, N., & Habeeb, G. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Metode Bermain Balok usia 4-5 Tahun. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 78-84. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v6i2.1761

Laelawati, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. https://ejournal.uksw.edu/audiensi.

Mayang Sari, B. (2024). Permainan Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 2049–2058. https://jurnaledukasia.org.

Mortisari, Y., Syukri, M., & Amalia, A. (2023). Improving the Ability to Recognize Number Concepts through Number Card Media in Children Aged 4-5 Years. International Journal of Learning and Instruction (IJLI) (Vol. 5).

Mutalib, A., Ma’rup., & Latief, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Pembelajaran Audio Visual pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Herlina Tikatukang Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC.

Nasriah. (2021). Penerapan Permainan Magic Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-20 Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Laelatul Qadar Kelompok B Watampone Kelurahan Masumpu Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. https://jurnal.iain-bone.ac.id.

Nasution, M, A., & Anas, N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Magic Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.29210/1202424429

Neumann, D., Peterson, E. R., Underwood, L., Morton, S. M. B., & Waldie, K. E. (2021). The development of cognitive functioning indices in early childhood. Cognitive Development, 60. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2021.101098.

Rasmani, U, E, E., Nurjanah, N, E., Widyastuti, Y, K, W., Mujiyati, S., & Agustina, P. (2022). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Integratif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pelatihan dan Pendampingan E-Learning. International Journal Of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6il.41000

Rasmani, U, E, E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N, E., Jumiatmoko., Widiastuti, Y, K, W., Agustina, P., & Nazidah, M, D, P. (2022). Multimedia Interaktif PAUD dalam Perspektif Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 10.31004/obsesi.v6i5.2962

Rasmani, U, E, E., Wahyuningsih, S, Nurjanah, N, E., Jumiatmoko., Widiastuti, Y, K, W., & Agustina, P. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 10.31004/obsesi. v7i1.3480

Ruhiyat, S., Dwi Andika, W., Dwi, L., & Pagarwati, A. (2024). Studi Literatur: Problem Solving pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Bermain Literature Study: Problem Solving in Early Childhood Cognitive Development Through Play. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 11(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. PEDAGOGI:Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4.

Veryawan, V., Tan, M., & Syarfina, S. (2021). Kegiatan Bermain Kotak Ajaib(Magic Box) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 2580–4197.

Yanti, E., Kemala Sari, I., & Hayati, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penggunaan Media Kartu Angka Dengan Permainan Ular Naga Pada Anak Kelompok B TK Satu Atap SD Lambirah Tahun Ajaran 2020/2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.