Pelatihan Pengelolaan Kelas Daring yang Kreatif dan Inovatif melalui Google Classroom

Henry Aditia Rigianti, Puguh Ardianto Iskandar, Ari Wibowo, Budiharti Budiharti

Abstract


Kualitas pembelajaran masa pandemi belum optimal, hal ini dapat dilihat pembelajaran belum sepenuhnya mengimplementasikan pengelolaan kelas melalui media daring. Maka dari itu, guru diharapkan mampu mengimplementasikan pembelajaran kreatif dan inovatif melalui google classroom. Adanya fenomena pembelajaran daring tersebut, guru Bersama pengabdi beerjasama melakukan pelatihan secara tatap muka dengan memerhatikan protokol kesehatan secara ketat. Pelatihan pengelolaan kelas pada pemanfaatan google classroom dilalkukan di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1, Yogyakarta. Adapun sebanyak 22 orang, baik dari guru maupun pengabdi melakuan pelatihan pada bulan Mei 2021. Teknik-teknik yang digunakan dalam tindakan ini, antara lain, memberikan informasi tentang pemanfaatan google classroom, membuat kelas, mengunggah materi, membuat presensi, dan evaluasi tugas siswa. Dari hasil survei diketahui bahwa terdapat 85% pendidik memanfaatkan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran online dan 15% pengajar memanfaatkan aplikasi google classroom. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 23.5% guru mengatakan mudah, 64.7% sedang dan 11.8% susah.

Full Text:

PDF
rticle

References


Anugrah, D. (2020). Dinamika pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Berita Magelang.

Arora, A. K., & & Srinivasan, R. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on the teaching–learning process: A study of higher education teachers. Prabadhan: Indian Journal of Management, 13 (4). https://doi.org/10.17010/PIJOM/2020/V13I4/151825

Collie, R. J., Shapka, J. D., & Perry, N. E. (2011). Predicting teacher commitment: The impact of school climate and social–emotional learning. Psychology in the Schools, 48(10), 1034–1048.

Hidayat, W., & Sudibyo, N. A. (2018). Implementasi pembelajaran interaktif elektronika dasar menggunakan adobe flash cs6 pada kelas semu dengan google classroom berbasis framework rad. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 1(2).

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1).

Mc Quail, Denis. (2006). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Alih bahasa oleh Agus Dharma dan Aminudin Ram. Jakarta: Erlangga.

Sabran, & Sabara, E. (2014). Keefektifan Google classroom sebagai media pembelajaran. Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta Dan Hak Kekayaan Intelektual, 122–125.

Savitri, D. I. (2019). Penggunaan pembelajaran 4.0 berbantuan aplikasi google classroom dan google form dalam mata kuliah ilmu sosial budaya dasar. Jurnal Borneo Saintek, 2(1).

Snelling, J., & Fingal, D. (2020). 10 Strategies for Online Learning During a Coronavirus Outbreak. Deas, Content and Resources for Leading-Edge Educators.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.




DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v3i2.54194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



DEDIKASI: Community Service Reports 
Online ISSN: 2715-5706
Website: https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi
Email: salimi@staff.uns.ac.id
Published by: Universitas Sebelas Maret
Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126- Phone 0271-642595