PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HASIL RISET LAPANGAN PADA GURU-GURU SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI SMA SE-SURAKARTA

Saifuddin Zuhri, Nurhadi Nurhadi, Yosafat Hermawan Trinugraha, Abdul Rahman, Sigit Pranawa, Okta Hadi Nurcahyono, Septina Galih Pudyastuti

Abstract


Untuk meningkatkan kemampuan guru sosiologi di Kota Surakarta dalam hal pemanfataan teknologi pembelajaran serta pengembangan bahan ajar bagi peningkatan kualitas proses pembelajaran, grup riset Habitus mengadakan kegiatan pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis hasil penelitian riset lapangan yang dilaksanakan pada hari selasa 28 Juli 2020 melalui pertemuan daring. Pelaksanaan kegiatan diisi dengan penyampaian materi terkait dengan Blended Leaning System dan Pengembangan bahan ajar berbasis penelitian. Dari hasil penelitian Riset Group kemudian dijadikan media dan sumber belajar baik secara visual maupun audio visual dengan sistem digital. Hasil dari pertemuan ini adanya luaran yang berupa website riset dari program studi pendidikan sosiologi antropologi FKIP UNS yang berisi hasil-hasil penelitian dari dosen dan mahasiswa serta video pembelajaran yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan ajar bagi guru-guru sosiologi di Kota Surakarta.

 

Kata Kunci: bahan ajar, sosiologi, antropologi, dan hasil riset


Full Text:

PDF
rticle

References


DAFTAR PUSTAKA

Apriyanti, M. E., Raden, A. Z. M., & Rukiah, Y. (2018). Membuat Bahan Ajar dengan Teknik Transfer Laser Print bagi Guru-guru. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 20. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2357

Fillion, G., Limayem, M., Laferrière, T., & Mantha, R. (2011). Integrating ICT into Higher Education. International Journal of Web-Based Learning and Teaching Technologies, 3(2), 48–72. https://doi.org/10.4018/jwltt.2008040104

Hidayat, S., Hendrayana, A., & Pujiastuti, H. (2018). Identification of Readiness of Developing University to Apply Information and Communication Technology (ICT) in Teaching and Learning. SHS Web of Conferences, 42, 00117. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200117

Listiawan, I. (2018). Pelatihan Pembuatan Tutorial Untuk Pengkayaan Bahan Ajar Guru SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. 1(1), 1–4.

Siyamitri, P. (2015). Literasi Media Internet pada Kalangan Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Medan. Jurnal Simbolika/Volume 1/Nomor 2/September 2015, 1(September), 161–176.

Sopiah, Murdiono, A., Martha, J. A., Prabowo, S. H. W., & Fitriana. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Bagi Guru SMA 5 Kediri. Karinov, 2(1), 52–56.

Tabira, Y., & Otieno, F. X. (2017). Integration and implementation of sustainable ICT-based education in developing countries: low-cost, en masse methodology in Kenya. Sustainability Science, 12(2), 221–234. https://doi.org/10.1007/s11625-017-0422-8

Tekos, G., & Solomonidou, C. (2009). Constructivist learning and teaching of optics concepts using ICT tools in Greek primary school: A pilot study. Journal of Science Education and Technology, 18(5), 415–428. https://doi.org/10.1007/s10956-009-9158-2

Watson, D.M. Pedagogy before Technology: Re-thinking the Relationship between ICT and Teaching. Education and Information Technologies 6, 251–266 (2001). https://doi.org/10.1023/A:1012976702296

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KREATIF INOVATIF BERBASIS POTENSI LOKAL. Dedikasi, 13, 39–49. Retrieved from 1693-3214




DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.45222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



DEDIKASI: Community Service Reports 
Online ISSN: 2715-5706
Website: https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi
Email: salimi@staff.uns.ac.id
Published by: Universitas Sebelas Maret
Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126- Phone 0271-642595