Upaya Meningkatkan Pembelajaran Berorientasi HOTS Bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta dengan Pemanfaatan Hasil Program AKSI for School

Imam Sujadi, Ira Kurniawati, Arum Nur Wulandari

Abstract


Era revolusi industri 4.0 adalah suatu era dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia, karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital. Tantangan yang harus dihadapi dalam perubahan hidup di era disrupsi ini adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mampu  bersaing di era tersebut dengan bekal ketrampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini dilakukan diawali dengan mensosialisasikan kebijakan pemerintah tentang Program AKSI for school kepada Guru agar mereka mampu memanfaatkan program AKSI untuk melakukan pembelajaran yang berorientasi Pada HOTS. Kegiatan terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) pembekalan tentang kebijakan pendidikan, perencanaan dan penilaian pembelajaran matematika berorientasi HOTS, (2) pelatihan penggunaan program AKSI for School, (3) pelatihan identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada program AKSI for School, dan (4) pelatihan pengembangan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru guru MGMP matematika mampu menggunakan program AKSI for school dengan baik, mampu meningkatan pemahaman Guru matematika tentang karakteristik level soal level Knowing, Applying dan Reasoning, serta meningkatan kemampuan Guru dalam merancang pembelajaran matematika di SMP yang berorientasi pada HOTS.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i1.35211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



DEDIKASI: Community Service Reports 
Online ISSN: 2715-5706
Website: https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi
Email: salimi@staff.uns.ac.id
Published by: Universitas Sebelas Maret
Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126- Phone 0271-642595