Marketing Mix 4P Komoditas Kentang (Solanum tuberosum L) di PT Agro Lestari Merbabu Magelang

Salsabila Andjani, Refa’ul Khairiyakh

Abstract

Produk hortikultura merupakan salah satu komoditi pertanian yang memiliki potensi serta peluang yang besar untuk dikembangkan, sehingga akan menjadi produk unggulan yang mampu meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia, baik itu produk hortikultura yang tergolong produk buah, sayuran, obat-obatan maupun tanaman hias. Salah satu komoditas pertanian hortikultura yang memiliki potensi cukup besar namun belum dikembangkan dengan cukup baik adalah tanaman kentang. Salah satu perusahaan yang mengembangkan budidaya kentang yaitu PT Agro Lestari Merbabu yang menerapkan strategi marketing mix 4P. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mempelajari marketing mix 4P yang diterapkan di PT Agro Lestari Merbabu. Kegiatan kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, praktik lapang, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan oleh PT Agro Lestari Merbabu berupa bibit kentang (G0, G1, G2 dan G3) (produk unggulan dan utama), kentang konsumsi (varietas Granola) dan kentang industri (varietas Atlantik). Harga yang ditawarkan untuk bibit kentang bervariatif tergantung jenis kentang namun harga produk yang berlaku seringkali mengalami perubahan mengikuti harga pasaran yang ada. Promosi kentang konsumsi dan industri dilakukan secara langsung namun untuk bibit kentang dilakukan secara langsung (personal selling dan mouth to mouth) dan promosi tidak langsung (dengan menggunakan media sosial perusahaan seperti Instagram, Youtube, LinkedIn, WhatsApp dan Website).

Keywords

kentang; mix marketing; promosi

Full Text:

PDF

References

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2022

Arifudin, O., & Taryana, T. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(3), 209–218.

Fajrin, F. V., & Wibowo, S. (2018). Pengaruh Event Marketing Terhadap Brand Image Pada PT Pikiran Rakyat Bandung Tahun 2018. EProceedings of Applied Science, 4(2).

Khaddapi, M., Damayanti, D., & Kaharuddin, K. (2022). Strategi Digital Bauran Pemasaran 4p Terhadap Kinerja UMKM Kota Palopo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 157.

Mas’ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2019). Analisa strategi marketing mix menggunakan konsep 4p (price, product, place, promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri, 5(2), 79–86.

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26.

Ningsih, D. D. S., & Maika, M. R. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 693–702.

Purnomo, E., Suedy, S. W. A., & Hariyati, S. (2014). Perubahan morfologi umbi kentang konsumsi (Solanum tuberosum L. Var granola) setelah perlakuan cara dan waktu penyimpanan yang berbeda. Jurnal Akademika Biologi, 3(1), 40–48.

Wijaya, A., Fathurrohman, Y. E., Sisca, S., Mathory, E. A. S., Ernanda, R., Purnomo, Y. J., Hutabarat, M. L. P., Nugroho, A., Wardhana, M. A., & Purba, B. (2021). Ilmu manajemen pemasaran: Analisis dan strategi. Yayasan Kita Menulis.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.