Bauran Pemasaran (4P) Selada (Lactuca Sativa L.) Hidroponik di Arghi Hydrofarm Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo

Sabhna Aulia Salsabilla, Indah Nurhidayati

Abstract

Bauran pemasaran atau marketing mix (4P) merupakan suatu kombinasi dari strategi penetapan harga, produk, promosi dan penempatan produk yang diterapkan oleh perusahaan dengan tujuan untuk mendukung posisi tertentu di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bauran pemasaran di Arghi Hydrofarm yang merupakan perusahaan baru di bidang Agribisnis. Metode dasar penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan berbagai pertimbangan. Penentuan informan dilakukan secara sengaja (purposive) dan snowball untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu hasil wawancara dan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang diproduksi oleh Arghi Hydrofarm saat ini masih berfokus pada selada hidroponik, penentuan harga dipengaruhi oleh harga pasaran di Kota Surakarta dan sekitarnya, lokasi perusahaan cukup strategis, dan telah berhasil melakukan promosi secara online maupun offline. Namun demikian, Arghi Hydrofarm dapat meningkatkan kualitas dan kuantitass sumber daya manusia bagian produksi hingga pemasaran.

Keywords

pemasaran; produk; harga; tempat; promosi

Full Text:

PDF

References

Bambang P., Nufian S.F., Wayan W.A., Dewi D.T., dkk. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru). Malang : Tim UB Press.

Dewi, A., Lubis, N., & Sitepu, S. M. B. (2023). Budidaya Selada Organik Ramah Lingkungan. Sukoharjo: Penerbit Tahta Media.

Imaniar, Dimas. 2018. Strategi pengembangan dan bauran pemasaran potensi komoditas kopi dalam rangka penguatan pasar produk pertanian secara integratif dengan sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Journal of Applied Business Administration. V0l (2): 206-217.

Masitah, M., Syahrir, S., Amin, M., & Mandeva, P. (2021). Analisis kelayakan usahatani selada hidroponik di masa pandemi Covid-19 Kabupaten Kolaka. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 20(2), 343–354.

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15- 26.

Musfar, T. F., & SE, M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Kota Bandung: Media Sains Indonesia.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. Sulawesi Selatan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. CV Alfabeta. Bandung.

Wijaya, A., Nugroho, A., Hendra, Sisca, et al. (2021). Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Yulia, Y., Bahtera, N. I., & Purwasih, R. (2021). Analysis of consumer assessment in small and medium enterprises “Raja Abon Makmur Lestari” on shredded products and mix marketing. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(1), 6-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.